Pengaruh berbagai macam Media Murashige and Skoog (MS), kombinasi Air Kelapa dan Naphthalene Acetic Acid (NAA) terhadap pertumbuhan tunas kantong Semar (Nepenthes ventricosa) Secara In Vitro

Rohayah, Siti (2021) Pengaruh berbagai macam Media Murashige and Skoog (MS), kombinasi Air Kelapa dan Naphthalene Acetic Acid (NAA) terhadap pertumbuhan tunas kantong Semar (Nepenthes ventricosa) Secara In Vitro. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Nepenthes ventricosa merupakan tanaman yang memiliki keunikan yaitu memiliki kantong di ujung daunnya serta memiliki manfaat sebagai obat tradisional dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Tingginya minat terhadap Nepenthes ventricosa semar disebabkan karena keunikan dan manfaat yang terdapat didalamnya sehingga menyebabkan kantong semar masuk dalam Appendix II IUCN (International Union for Conservation of Nature) atau tanaman yang mengalami kelangkaan. Eksplorasi yang besar dari masyarakat merupakan penyebab dari kelangkaan tanaman ini, sehingga perlu dilakukan upaya dalam perbanyakan tanaman Nepenthes ventricosa. Salah satu upaya dalam perbanyakan tanaman ini dapat dilakukan melalui biji, tetapi keberadaan biji kantong semar sulit untuk ditemukan karena bunga jantan dan bunga betina tanaman ini terpisah (berumah dua atau dioecious). Solusi yang dapat digunakan untuk perbanyakan tanaman ini dengan teknik kultur jaringan. Kultur jaringan merupakan teknik perbanyakan tanaman yang dapat dilakukan dengan waktu singkat dan menghasilkan jumlah bibit lebih banyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi antara MS dan kombinasi air kelapa+NAA serta pengaruhnya terhadap pertumbuhan Nepenthes ventricosa secara in vitro. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai September 2020 di Laboratorium Terpadu UIN Sunan Gunung Djadi Bandung. Bahan yang digunakan adalah planlet Nepenthes ventricosa berumur 24 bulan pada media 1/5 MS. Penelitian ini menggunakan metode RAL faktorial yang diulang sebanyak 3 kali. Perlakuan pertama ialah 1 MS, ½ MS dan ¼ MS. Perlakuan kedua yaitu air kelapa 10%, air kelapa 10%+NAA 0,1 ppm, air kelapa 10%+NAA 0,2 ppm, dan air kelapa 10%+NAA 0,3 ppm. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terjadi interaksi antara MS dan kombinasi air kelapa+NAA disemua parameter. Perlakuan ½ MS dan air kelapa 10% menunjukan konsentrasi optimum. Perlakuan ½ ms menunjukan tinggi tunas tertinggi, muncul daun tercepat, jumlah daun terbanyak, muncul kantong tercepat, dan memiliki jumlah kantong terbanyak. Sedangkan air kelapa 10% menunjukan muncul tunas tercepat, muncul daun tercepat, jumlah daun terbanyak, muncul kantong tercepat, dan jumlah akar terbanyak terhadap pertumbuhan kantong semar(Nepenthes ventricosa) secara in vitro.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: air kelapa; MS; NAA; Nepenthes ventricosa,;in vitro
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Cerita dan Kisah dari Al-Qur'an
Commerce, Trade
Biochemistry
Farm, Farming
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Siti Rohayah
Date Deposited: 17 May 2021 07:14
Last Modified: 17 May 2021 08:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39269

Actions (login required)

View Item View Item