Analisis pengaruh Current Rasio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan PT. Jakarta International Hotels & Development Tbk. Periode 2010-2019 yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI)

Khaerudin, Hasbi Abdul Al Wahhab (2021) Analisis pengaruh Current Rasio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan PT. Jakarta International Hotels & Development Tbk. Periode 2010-2019 yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu rasio yang digunakan untuk mengukur perusahaan dalam menghasilkan laba adalah Return On Asset (ROA). Laba yang dihasilkan oleh perusahaan dapat diketahui melalui alat pengukuran analisis laporan keuangan seperti Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio(DER). Hasil penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Current Ratio (CR) Debt to Equity Ratio(DER) terhadap Return on Asset pada PT. Jakarta International Hotels & Development Tbk. Periode 2010-2019 baik secara parsial maupun simultan. Jika perusahaan memiliki nilai CR yang tinggi, maka perusahaan akan semakin mudah dalam memenuhi kewajibannya. Hal ini dapat diartikan bahwa memiliki likuiditas yang baik. Di sisi lain kesempatan untuk perusahaan mendapatkan laba berkurang. CR memiliki perbandingan terbalik dengan profitabilitas, artinya semakin tinggi nilai CR, maka kemampuan perusahaan untuk mendapatkan laba semakin rendah. Jika DER meningkat dibandingkan dengan periode yang sebelumnya, otomatis jumlah hutang lebih besar dari modal sendiri yang dimiliki perusahaan, maka biaya yang ditanggung untuk memenuhi kewajiban perusahaan akan semakin besar sehingga menyebabkan ROA semakin menurun. Begitupula sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan menggunakan jenis data kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari laporan keuangan yang tercatat di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2010-2019. Analisis data yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah regresi sederhana, korelasi Pearson Product Moment, regresi berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi dan uji signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui CR memiliki hasil sebesar 66,0%, hasil perbandingan t hitung > t tabel sebesar 3,937 > 2,306 dengan nilai signifikansi 0,00 4 < 0,05. Perbandingan tersebut disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya CR berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA. Sedangkan, DER menunjukkan hasil sebesar 44,0% serta hasil perbandingan t hitung < t tabel sebesar -0,605 < 0,706 dengan nilai signifikansi 0,562 > 0,05. Perbandingan tersebut disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, artinya DER berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA. Kemudian Uji F menunjukkan uji F menunjukkan hasil sebesar 63,0% serta hasil perbandingan F hitung > F tabel, yaitu 6,871 > 4,74. Perbandingan tersebut disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya CR dan DER berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio;Debt to Equity Ratio;Return On Asset
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Hasbi Abdul Al Wahab Khaerudin
Date Deposited: 17 May 2021 01:13
Last Modified: 24 May 2021 04:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39259

Actions (login required)

View Item View Item