Hubungan antara kegiatan bermain benda-benda konkret dengan kemampuan membilang anak usia dini: Penelitian korelasional di kelompok A RA Al-Hamidah Kecamatan Arcamanik Kota Bandung

Nida, Amirina Nur (2020) Hubungan antara kegiatan bermain benda-benda konkret dengan kemampuan membilang anak usia dini: Penelitian korelasional di kelompok A RA Al-Hamidah Kecamatan Arcamanik Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Kelompok A RA Al-Hamidah Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, terdapat permasalahan yang menarik untuk diteliti, yaitu di satu sisi kegiatan bermain benda-benda konkret pada dasarnya anak sudah mampu untuk bermain dengan benda sesuai dengan fungsinya. Namun, berbeda halnya dengan kemampuan membilang, anak belum mampu membilang dengan menunjuk benda serta mengurutkan dan menghubungkan lambang bilangan dengan benda-benda. Fenomena ini menunjukkan adanya kesenjangan antara tingginya kegiatan bermain benda-benda konkret dengan rendahnya kemampuan membilang anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) realitas kegiatan bermain benda-benda konkret; (2) realitas kemampuan membilang anak usia dini; (3) hubungan antara kegiatan bermain benda-benda konkret dengan kemampuan membilang anak usia dini di kelompok A RA Al-Hamidah Kecamatan Arcamanik Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena data yang dihasilkan berbentuk angka. Metode yang digunakan adalah korelasional. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A RA Al-Hamidah Kecamatan Arcamanik Kota Bandung yang berjumlah 11 orang yang terdiri dari 2 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, artinya teknik pengambilan sampel dengan menggunakan semua populasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui lembar observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain benda-benda konkret (variabel X) memperoleh nilai rata-rata sebesar 76. Angka ini berada pada interval 70 – 79 dengan kategori berkembang sesuai harapan/baik. Sedangkan kemampuan membilang anak usia dini (variabel Y) memperoleh nilai rata-rata sebesar 80. Angka ini berada pada interval 80 – 100 dengan kategori berkembang sangat baik/sangat baik. Hubungan antara kegiatan bermain benda-benda konkret dengan kemampuan membilang anak usia dini memperoleh harga koefisien korelasi melalui rumus product moment sebesar 0, 86. Angka koefisien korelasi ini berada pada interval 0,800-1,000 dengan kategori berkembang sangat baik/sangat tinggi. Hasil uji signifikansi menunjukkan harga t_hitung = 5,059 > t_tabel = 2,262. Artinya Ha (hipotesis alternatif) diterima dan Ho (hipotesis nol) ditolak. Dengan kata lain, kegiatan bermain-benda konkret memiliki hubungan positif dengan kemampuan membilang anak usia dini di kelompok A RA Al-Hamidah Kecamatan Arcamanik Kota Bandung. Adapun besarnya kontribusi kegiatan bermain benda-benda konkret dengan kemampuan membilang anak usia dini adalah sebesar 73, 96%. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada 26,04% faktor lain yang mempengaruhi kemampuan membilang anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: anak usia dini; benda-benda konkret; membilang
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Amirina Nur Nida
Date Deposited: 17 May 2021 00:48
Last Modified: 17 May 2021 00:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39258

Actions (login required)

View Item View Item