Usaha-usaha dalam mengharmoniskan hubungan antara NU dan Persis : Studi kasus di Kampung Margamulya RT 01 RW 01 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Desa Cimekar

Prasetyo, Budi (2021) Usaha-usaha dalam mengharmoniskan hubungan antara NU dan Persis : Studi kasus di Kampung Margamulya RT 01 RW 01 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Desa Cimekar. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy

Abstract

Hubungan yang harmonis dalam sebuah organisasi masyarakat Islam merupakan sebuah keadaan yang dimana adanya pemahaman dan kesatuan masyarakat yang bekerja sama bertujuan menciptakan kedamaian serta kenyamanan dengan tidak saling menganggu satu sama lain di suatu wilayah. Dalam menciptakan hubungan yang harmonis tersebut tidak terlepas dari keinginan masyarakat untuk membangun kerukunan beragama yang dijalankan oleh masyarakat itu sendiri. Kampung Margamulya merupakan salah satu bukti nyata tentang hubungan yang harmonis antara NU dan Persis. Organisasi masyarakat Islam ini yaitu NU dan Persis berada di Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Kajian pokok dari skripsi ini adalah peran kedua organisasi masyarakat Islam yaitu NU dan Persis dalam mengharmonisasikan hubungan antara keduanya. Dalam melakukan penelitian ini, untuk menjelaskan masalah yang diatas penulis menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diatas, penulis menyimpulkan peran yang dilakukan oleh kedua organisasi masyarakat Islam tentang usaha-usaha mengharmoniskan hubungan yang baik diantara keduanya sudah benar dan tepat. Dikarenakan dampak positif yang diterima masyarakat sangat dirasakan tanpa adanya konflik yang terjadi untuk wilayah sekitar. NU dan Persis sebuah organisasi masyarakat yang berlatar belakang agama, tidak hanya menjalankan kajian tentang keagamaan saja, dibalik semua itu NU dan Persis ini bersama-sama membantu masyarakat terutama dalam bidang sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Harmonis; Peran Organisasi Masyarakat Islam; NU; Persis;
Subjects: Causation
Public Worship and Other Practices
Sources of Religions
Public Worship
Social Process
Social Process > Public Opinion
Social Process > Social Change
Social Process > Conflict Resolution
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Budi Prasetyo
Date Deposited: 11 May 2021 02:02
Last Modified: 11 May 2021 02:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39242

Actions (login required)

View Item View Item