Pengaruh Return on Capital Employed (ROCE) dan Return on Equity (ROE) terhadap Dividend Yield (DY) pada PT. Waskita Karya (Persero) Tbk yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2010-2019

Aziza, Shifa Miarti (2021) Pengaruh Return on Capital Employed (ROCE) dan Return on Equity (ROE) terhadap Dividend Yield (DY) pada PT. Waskita Karya (Persero) Tbk yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2010-2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy

Abstract

Berkembangnya perekonomian di Indonesia berpengaruh terhadap banyaknya masyarakat yang tertarik untuk melakukan investasi terutama pada investasi saham. Sebelum melakukan investasi, tentunya para investor harus mengetahui bagaimana perusahaan itu mengelola modalnya dengan melihat rasio keuangan yang terdapat pada laporan keuangan perusahaan. Perusahaan yang memiliki rasio profitabilitas yang tinggi akan berpengaruh kepada tingkat pengembalian yang tinggi. Terdapat beberapa rasio profitabilitas yang digunakan untuk melihat kemampuan perusahaan dalam mengelola modal perusahaan. Beberapa rasio profitabilitas tersebut diantaranya Return on Capital Employed (ROCE) dan Return on Equity (ROE). Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui: (1) menganalisis pengaruh Return on Capital Employed (ROCE) terhadap Dividen Yield (DY), (2) menganalisis pengaruh Return on Equity (ROE) terhadap Dividen Yield (DY), dan (3) menganalisis pengaruh Return on Capital Employed (ROCE) dan Return on Equity (ROE) terhadap Dividen Yield (DY) pada PT. Waskita Karya, Tbk. Periode 2010-2019. Kerangka pemikiran menunjukkan bahwa rasio profitabilitas berpengaruh positif terhadap Dividen Yield (DY). Semakin tinggi rasio Return on Capital Employed (ROCE) dan Return on Equity (ROE) akan semakin tinggi juga Dividen Yield (DY). Namun, Dividen Yield (DY) juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder dari website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) dan PT. Waskita Karya Tbk. (www.waskita.co.id) periode 2010-2019. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara Return on Capital Employed (ROCE) terhadap Dividen Yield (DY) yang ditunjukkan oleh hasil uji t yaitu thitung > ttabel (3,392 > 2,306). Pada variabel Return on Equity (ROE) secara parsial terdapat pengaruh terhadap Dividen Yield (DY) yang ditunjukkan oleh hasil uji t yaitu thitung > ttabel (3,777 > 2,306). Kemudian secara simultan terdapat pengaruh pada variabel Return on Capital Employed (ROCE) dan Return on Equity (ROE) terhadap Dividen Yield (DY) yang ditunjukkan oleh hasil uji f yaitu fhitung > ftabel (6,581 > 4,74).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Return on Capital Employed (ROCE); Return on Equity (ROE); Dividend Yield (DY)
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Shifa Miarti Aziza
Date Deposited: 10 May 2021 02:24
Last Modified: 10 May 2021 02:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39233

Actions (login required)

View Item View Item