Aktivitas siswa mengikuti kegiatan Mutaba’ah hubungannya dengan perilaku keberagamaan mereka : Penelitian pada siswa kelas IX SMP Al Amanah Cileunyi Bandung

Ikhsan, Anisa Nurul (2021) Aktivitas siswa mengikuti kegiatan Mutaba’ah hubungannya dengan perilaku keberagamaan mereka : Penelitian pada siswa kelas IX SMP Al Amanah Cileunyi Bandung. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah, yakni terjadinya kesenjangan antara kondisi yang diharapkan dengan realitas yang ada. Yaitu berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi aktivitas siswa mengikuti kegiatan mutaba’ah relatif baik, namun disisi lain perilaku keberagamaan sebagian besar siswa menunjukan kurang baik, seperti mengabaikan nasehat guru, pacaran, berbicara tidak sopan, dan masih banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas. Berdasarkan itu peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Aktivitas siswa megikuti kegiatan mutaba’ah, 2) Perilaku keberagamaan siswa di sekolah, 3) Hubungan aktivitas siswa mengikuti kegiatan mutaba’ah dengan perilaku keberagamaan mereka di SMP Al Amanah Cileunyi Bandung. Penelitian ini bertitik tolak pada sebuah pemikiran bahwa perilaku keberagamaan siswa dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya aktivitas siswa mengikuti kegiatan mutaba’ah. Berdasarkan asumsi tersebut hipotesis pada penelitian ini yaitu semakin tinggi aktivitas siswa mengikuti kegiatan mutaba’ah, maka semakin baik pula perilaku keberagamaan mereka. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan deskriptif korelatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Aktivitas siswa mengikuti kegiatan mutaba’ah (variabel X) termasuk kategori tinggi dengan skor rata-rata 4,11. Nilai tersebut berada pada interval 3,51 – 4,50. 2). Perilaku keberagamaan siswa termasuk kategori tinggi dengan skor 4,33. Nilai tersebut berada pada interval 3,51 – 4,50. 3). Hubungan aktivitas siswa mengikuti kegiatan mutaba’ah (variabel X) dengan perilaku keberagamaan mereka (variabel Y) memiliki koefisien korelasi sebesar 0,43 dan berada pada interval 0,41-0,70 artinya korelasi berkualifikasi sedang. Adapun hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung = 3,69 dan ttabel = 1,693 dimana thitung (3,69) > ttabel (1,693) dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas siswa mengikuti kegiatan mutaba’ah dengan perilaku keberagamaan mereka. Kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 31%, dengan demikian 69% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Mutaba’ah; Perilaku Keberagamaan
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: anisa nurul ikhsan
Date Deposited: 10 May 2021 04:29
Last Modified: 10 May 2021 04:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39228

Actions (login required)

View Item View Item