Sikap siswa terhadap pembelajaran virtual hubungannya dengan perilaku belajar : Penelitian terhadap siswa kelas VII SMPN 1 Pagaden Subang

Ma’sumah, Fatimah (2021) Sikap siswa terhadap pembelajaran virtual hubungannya dengan perilaku belajar : Penelitian terhadap siswa kelas VII SMPN 1 Pagaden Subang. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perilaku belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran virtual. Pembelajaran virtual dikembangkan untuk menunjang pembelajaran tatap muka, terutama di masa pandemi covid-19 saat ini. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang bersikap acuh tak acuh ketika pembelajaran virtual berlangsung. Seharusnya apabila mereka sudah mengikuti pembelajaran virtual secara optimal, maka akan diikuti perilaku belajar yang optimal pula. Sehingga muncul pertanyaan adakah hubungan antara sikap siswa terhadap pembelajaran virtual dengan perilaku belajar ? Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui (1) Realitas sikap siswa terhadap pembelajaran virtual di kelas VII SMPN 1 Pagaden Subang (2) Realitas perilaku belajar di kelas VII SMPN 1 Pagaden Subang dan (3) Hubungan sikap siswa terhadap pembelajaran virtual dengan perilaku belajar di kelas VII SMPN 1 Pagaden Subang. Penelitian ini diasumsikan bahwa perilaku belajar memiliki keterkaitan dengan sikap siswa terhadap pembelajaran virtual. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis bahwa semakin positif sikap siswa terhadap pembelajaran virtual maka akan semakin baik pula perilaku belajar ketika mengikuti pembelajaran virtual, begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif, jenis data korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini diambil sampel dari kelas VII SMPN 1 Pagaden Subang sebanyak 50 siswa. Analisis data kedua variabel ini dilakukan dengan menggunakan metode statistika yang terbagi ke dalam dua pendekatan, yaitu analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil dari pengolahan data, diperoleh kesimpulan bahwa (1) Realitas sikap siswa terhadap pembelajaran virtual berkategori positif (skor 4,05), (2) Realitas perilaku belajar berkategori baik (skor 4,10), dan (3) Hubungan sikap siswa terhadap pembelajaran virtual dengan perilaku belajar adalah (a) koefisien korelasinya sebesar 0,806 termasuk kategori sangat kuat. (b) Hipotesisnya diterima, karena thitung 9,43 lebih besar dari ttabel dengan (1,68) dan (c) Kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 65% . Hal ini menunjukkan bahwa 65% perilaku belajar siswa dipengaruhi oleh sikap siswa terhadap pembelajaran virtual. Sehingga masih terdapat 35% lagi faktor lain yang mempengaruhi perilaku belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Pagaden Subang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sikap; Siswa; Pembelajaran Virtual; Perilaku Belajar;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatimah Ma'sumah
Date Deposited: 10 May 2021 04:36
Last Modified: 10 May 2021 04:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39221

Actions (login required)

View Item View Item