Hubungan antara aktivitas Finger Painting dengan kreativitas melukis anak usia dini : Penelitian di kelompok B RA Permata Ilmu Cikadut Kota Bandung

Nuraisah, Siti (2021) Hubungan antara aktivitas Finger Painting dengan kreativitas melukis anak usia dini : Penelitian di kelompok B RA Permata Ilmu Cikadut Kota Bandung. Diploma thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di Kelompok B RA Permata Ilmu Cikadut Kota Bandung. Di lembaga tersebut aktivitas finger painting bertujuan untuk menstimulus anak dalam kemampuan kreativitas melukis. Terbukti anak masih kurang dalam hal kemampuan kreativitas melukisnya. Hal tersebut dilihat saat aktivitas finger fainting berlangsung, yaitu mereka belum berkembang dalam memodifikasi karya yang di buat sehingga tingkat kepercayaan diri anak menjadi kurang, akibatnya sebagian anak hanya meniru apa yang di contohkan oleh pendidik. Anak masih tidak percaya diri dalam menuangkan imajinasinya, misalnya banyak anak yang masih melihat pekerjaan orang lain (meniru) dan juga ada anak yang terbatas dalam membuat gambar atau bentuk. Kondisi demikian merupakan masalah yang menarik untuk di teliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) aktivitas Finger Painting Anak Usia Dini di Kelompok B Ra Permata Ilmu Cikadut Bandung 2) Kreativitas Melukis Anak Usia Dini di Kelompok B RA Permata Ilmu Cikadut Bandung 3) Hubungan Antara Kegiatan Finger Painting dengan Kreativitas Melukis Anak Usia Dini di Kelompok B RA Permata Ilmu Cikadut Bandung. Penelitian ini di dasarkan pada asumsi yang menyatakan bahwa kreativitas melukis anak usia dini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah aktivitas finger painting, melalui aktivitas finger beberapa aspek perkembangan anak dapat muncul, anak dilatih mengembukakan ide dan gagasannya tentang apa yang akan anak lukis, motorik halus, kognitif, dan mampu menstimulus perkembangan kreativitas melukis anak usia dini . Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Subjek penelitian ini siswa-siswi kelompok B RA Permata Ilmu Cikadut Kota Bandung yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistika deskriftif dengan analisis parsial dan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas finger painting berada pada kategori baik dengan nilai 72 angka tersebut ada pada tabel kriteria 70-79 dan kreativitas melukis anak usia dini berada pada kategori baik dengan nilai 79 angka tersebut ada pada tabel kriteria 70 – 79. Adapun hubungan antara aktivitas finger painting dengan kreativitas melukis anak usia dini diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,43 termasuk pada kategori cukup kuat/ sedang karena berada pada interval 0,400- 0,599. Hasil uji signifikasi bahwa = 2,31 2,0687, maka ditolak dan diterima. dengan kata lain ada hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas finger painting dengan kreativitas melukis anak usia dini. Adapun besarnya kontribusi aktivitas finger painting dengan kreativitas melukis anak usia dini sebesar 19% hal ini menunjukan bahwa 81% faktor lain yang mempengaruhi kreativitas melukis anak usia dini di kelompok B RA Permata Ilmu Cikadut Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kreativitas; anak usia dini; melukis
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Siti Nuraisah
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:18
Last Modified: 28 Apr 2021 07:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39041

Actions (login required)

View Item View Item