Hubungan aktivitas penggunaan Flashcard dengan kemampuan membaca permulaan anak usia dini: Penelitian di Kelompok B1 RA Persis 235 Nasrullah Ujungberung Bandung

Kuspiani, Dali Lipiatina (2021) Hubungan aktivitas penggunaan Flashcard dengan kemampuan membaca permulaan anak usia dini: Penelitian di Kelompok B1 RA Persis 235 Nasrullah Ujungberung Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari penemuan permasalahan di kelompok B1 RA Persis 235 Nasrullah Ujungberung Bandung, peneliti melihat telah terjadi kesenjangan antara tingginya aktivitas penggunaan flashcard dengan rendahnya kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Hal ini terlihat bahwa aktivitas penggunaan flashcard pada dasarnya anak sudah mampu menyebutkan gambar apa yang tertera pada falshcard tetapi ketika guru meminta anak untuk menyebutkan huruf pada gambar anak salah menyebutkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas penggunaan flashcard; (2) kemampuan membaca permulaan anak usia dini; (3) hubungan antara aktivitas penggunaan flashcard dengan kemampuan membaca permulaan anak usia dini di kelompok B1 RA Persis 235 Nasrullah Ujungberung Bandung. Kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini yaitu merupakan tahapan awal anak dalam membaca. Kemampuan membaca permulaan ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah aktivitas penggunaan flashcard. Aktivitas penggunaan flashcard dapat membantu anak dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan, berdasarkan asumsi teori tersebut dapat dirumuskan hipotesisnya, semakin tinggi aktivitas penggunaan flashcard semakin tinggi pula kemampuan membaca permulaan anak usia dini, demikian sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan yang menggunakan teknik korelasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 RA Persis 235 Nasrullah Ujungberung Bandung yang berjumlah 12 orang dengan 8 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yang berarti semua populasi dijadikan sampel dengan menggunakan teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi dan dokumentasi. Hasil analisis pada variabel X (aktivitas penggunaan flashcard) diperoleh nilai rata-rata sebesar = 83, angka tersebut berada pada interval 80 – 100 dengan kategori sangat baik. Sedangkan variabel Y (kemampuan membaca permulaan anak usia dini) diperoleh nilai rata-rata sebesar = 77 kategori tersebut berada pada interval 70 – 79 dengan kategori baik. Hubungan aktivitas penggunaan flashcard dengan kemampuan membaca permulaan anak usia dini diperoleh harga koefisien korelasi 0,701 melalui rumus Spearman Rank (phitung) berada pada interval 0, 600 – 0,799, dengan interpretasi kuat. Sedangkan hasil pengujian hipotesis diperoleh harga thitung = 3,109 dan ttabel taraf signifikansi 5% dengan db = sebesar 2,228. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa thutung = 3,109 > ttabel = 2,228. Kontribusi atau pengaruh aktivitas penggunaan flashcard dengan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini adalah sebesar 49,1% dan 50,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Penggunaan Flashcard; Kemampuan Membaca Permulaan; Anak Usia Dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Dali Lipiatina Kuspiani
Date Deposited: 29 Apr 2021 03:38
Last Modified: 18 Oct 2021 01:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39040

Actions (login required)

View Item View Item