Upaya meningkatkan pemahaman konsep Bilangan pada anak melalui permainan memancing angka : Penelitian tindakan kelas di kelas A KB AL-IKHLAS Desa Tegalsumedang Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung

Aisyah, Ayu Siti (2020) Upaya meningkatkan pemahaman konsep Bilangan pada anak melalui permainan memancing angka : Penelitian tindakan kelas di kelas A KB AL-IKHLAS Desa Tegalsumedang Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pendahuluan bahwa ditemukan masalah pada anak dalam aspek pemahaman konsep bilangan. Dapat dilihat masih banyak anak yang hanya sebatas pada penyebutan angka, tetapi sebagian anak belum mampu menunjukkan banyaknya benda serta belum mampu menunjukan lambang bilangan. Hal tersebut terlihat ketika guru bermain kartu angka, guru bercakap-cakap kepada anak tentang bilangan lambang bilangan, meminta anak untuk menghitung benda sebagian anak masih kebingungan dalam menyebutkan lambang bilangan. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah metode atau permainan yang dapat menstimulasi pemahaman konsep bilangan anak yang disertai media yang menarik. Salah satunya permainan memancing angka. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pemahaman konsep bilangan pada anak sebelum menggunakan permainan memancing angka.; 2) Proses penggunaan permainan memancing angka pada anak di setiap siklus; 3) Pemahaman konsep bilangan pada anak setelah menggunakan permainan memancing angka pada setiap siklus. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa pemahaman konsep bilangan sangatlah penting bagi anak. Pemahaman konsep bilangan mengenai nama, urutan, lambang dan jumlah. Dalam pengembangkan pemahaman konsep bilangan pada anak perlu kegiatan yang efektif dan menyenangkan. Hal ini dapat dilatih dengan permainan memancing angka. Karena permainan memancing angka kegiatan yang menyenangkan, menumbuhkan rasa ingin tahu anak, serta menarik bagi anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dua siklus dan setiap siklusnya dilakukan dua tindakan. Alat pengumpulan data dalam penelitian yaitu berupa observasi, unjuk kerja, dokumentasi. Subjek responden dalam penelitian ini adalah anak kelas A KB Al-Ikhlas Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan memancing angka dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak. Hal ini terbukti berdasarkan analisis data, pemahaman konsep bilangan pada anak sebelum melakukan permainan memancing angka diperoleh nilai 59 dengan kategori kurang. Aktivitas guru saat penerapan permainan memancing angka dalam proses pembelajaran pada siklus I memperoleh 73 % dengan kategori cukup. Sedangkan aktivitas guru pada siklus II memperoleh nilai 97 % dengan kategori sangat aktif. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 67 % dengan kategori aktif. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus II memperoleh 93 % dengan kategori sangat aktif. Pemahaman konsep bilangan anak pada siklus I berdasarkan pada hasil perhitungan memperoleh nilai rata-rata sebesar 70 dengan kategori baik. Sedangkan hasil siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 83 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konsep bilangan; Permainan; Memancing angka.
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ayu Siti Aisyah
Date Deposited: 07 Jun 2021 00:40
Last Modified: 07 Jun 2021 02:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39017

Actions (login required)

View Item View Item