Implementasi pembelajaran Fiqih pada sspek kognitif siswa melalui metode daring : Studi deskriptif pada siswa kelas 2 MI Ar-Rosyidiyah Kota Bandung

Juariah, Yuli Siti (2021) Implementasi pembelajaran Fiqih pada sspek kognitif siswa melalui metode daring : Studi deskriptif pada siswa kelas 2 MI Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah perkembangan pada kaidah kaidah ajaran agama Islam sudah mulai luntur. Sehingga untuk saat ini perlu sekali diterapkannya pengajaran agama dari sejak dini. Untuk menciptakan hal tersebut dalam proses pendidikan maka harus didukung oleh berbagai pihak yang dituangkan dalam pembelajaran Fiqih. Pada kondisi saat ini yang berhubungan dengan pandemi Covid 19, bidang pendidikan merupakan salah satu yang terkena dampaknya. Dengan demikian, hampir semua sekolah meliburkan siswanya dan telah berlangsung cukup lama. Oleh sebab itu, agar pembelajaran tetap berlangsung maka pemerintah memilih alternatif cara dengan merubahnya menjadi pembelajaran daring (dalam jaringan). Pembelajaran daring ini harus dipersiapkan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hingga pada akhirnya ada perkembangan pada aspek kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran fiqih melalui metode daring, pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran fiqih metode daring, serta perkembangan aspek kognitif siswa pada pembelajaran fiqih melalui metode daring. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada siswa kelas 2 di MI Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Instrument pada penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru. Hasil penelitian ini yaitu 1) hasil analisis pada lembar observasi aktivitas guru terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) daring pada pembelajaran fiqih memperoleh nilai akhir 80% dengan kategori baik. 2) hasil analisis pada lembar observasi aktivitas guru terhadap pelaksanaan pembelajaran daring pada pembelajaran fiqih memperoleh nilai rata-rata 68% dengan kategori cukup. 3) perkembangan pada aspek kognitif siswa dalam mata pelajaran fiqih terjadi penurunan. Penurunan tersebut terlihat pada penilaian 1 ke penilaian 2 sebanyak 3%, kemudian pada penilaian 3 terjadi penurunan sebanyak 2%. Selanjutnya terjadi penurunan pada penilaian 4 yang cukup signifikan yaitu 5%. Untuk penilaian ulangan akhir semester (UAS) memperoleh nilai rata-rata yang stabil yaitu 86.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Pada Aspek Kognitif; Metode Daring
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Siti Juariah
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:00
Last Modified: 27 Apr 2021 02:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38992

Actions (login required)

View Item View Item