Karakteristik kajian kitab tafsir pada tingkat Mu'alimien di Pesantren Persatuan Islam (studi terhadap Pesantren Persis di Kabupaten Bandung)

Purwati, Puji (2019) Karakteristik kajian kitab tafsir pada tingkat Mu'alimien di Pesantren Persatuan Islam (studi terhadap Pesantren Persis di Kabupaten Bandung). Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Upaya pengkajian kitab tafsir menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kerangka menafsirkan Al-Qur’an. Telah banyak kitab-kitab tafsir yang dikaji baik oleh masyarakat awam maupun oleh masyarakat terdidik, dalam ruang lingkup formal maupun non formal, dalam majelis taklim maupun pendidikan pesantren. Diantara lembaga-lembaga yang secara khusus memberikan perhatian mendalam dalam pengkajian tafsir melalui kitab-kitab tafsir adalah lembaga Pesantren. Penelitian ini bertujuan pertama untuk megetahui tujuan kajian kitab tafsir pada tingkat mu’alimien di pesantren Persatuan Islam Kab. Bandung, kedua untuk menjelaskan materi kajian kitab tafsir pada tingkat mu’alimien pesantren persatuan Islam di Kab. Bandung, ketiga untuk mengetahui metode kajian kitab tafsir pada tingkat mu’alimien pesantren Persatuan Islam di Kab. Bandung. Penelitian ini bertitik tolak dari Tradisi dan jenis pesantren yang ada di Indonesia, diantaranya ada pesantren salafiyah dan pesantren khalafiyah dengan karakteristik yang sama yaitu tradisi pesantren tidak bisa dilepaskan dari budaya kajian kitab kuning atau kajian kitab klasik sebagai kekhasan dari pesantren itu sendiri. Metodologi dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan field reserch. Pendekatan ini digunakan untuk mencari data-data lapangan hasil observasi, wawancara maupun dokumentasi yang kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk tulisan atau deskripsi mengenai situasi-situasi atau kejadian-kejadian di tiga pesantren Persatuan Islam yang ada di Kabupaten Bandung, yakni pesantren Persatuan Islam 03 Pameungpeuk, pesantren Persatuan Islam 84 Ciganitri, dan pesantren Persatuan Islam 31 Banjaran. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ketiga pesantren yakni pesantren Persatuan Islam 03 Pameungpeuk, pesantren Persatuan Islam 84 Ciganitri, dan pesantren Persatuan Islam 31 Banjaran, memiliki karakteristik kajian kitab tafsir dengan corak yang hampir sama, hal tersebut tidak terlepas dari pengaruh ormas Persatuan Islam yang menaungi pesantren sehingga berimbas pada samanya kurikulum yang digunakan, sehingga baik dari segi tujuan kajian kitab tafsir, materi kajian kitab tafsir, dan metode kajian kitab tafsir hampir 85 % memiliki kesamaan, adapun perbedaan hanya sebatas metodologi kajian yang bersifat teknis. Adapun tujuan kajian kitab tafsirnya mengacu pada tujuan pendidikan Persatuan Islam yakni tafaquh fi dien dimana penguasan terhadap Al-Qur’an dan tafsir menjadi sangat penting. Kajian tafsir dibagi menjadi tiga, yaitu tafsir ‘am, tafsir ahkam, dan Ulumul Qur’an, kitab yang dignakan adalah Shafwatu tafasir, Rawaiyul Bayan, dan Mabahits fi Ulum Al-Qur’an, dengan menggunakan metode klasikal jika kajian kitab dilakukan di dalam kelas, dan menggunakan metode sorogan jika kajian kitab dilakukan diluar kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kitab Tafsir; Pesantren; Pesantren Persatuan Islam
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Puji Purwati
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:10
Last Modified: 23 Apr 2021 04:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38936

Actions (login required)

View Item View Item