Tanggapan siswa terhadap peran pembimbing hubungannya dengan aktivitas siswa menghafal Al-Qur’an : Penelitian di Nurul Iman Boarding School, Cigalontang, Singaparna,Tasik

Fitriyani, Nur (2021) Tanggapan siswa terhadap peran pembimbing hubungannya dengan aktivitas siswa menghafal Al-Qur’an : Penelitian di Nurul Iman Boarding School, Cigalontang, Singaparna,Tasik. Diploma thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya program menghafal Al-Qur’an/tahfidz yang menjadi program unggulan di Nurul Iman Boarding School. Untuk mendukung kelancaran program menghafal Al-Qur’an di Nurul Iman Boarding School, para siswa/siswi dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompoknya dibimbing oleh pembimbing (ustadz/ustadzah). Dengan adanya bimbingan tersebut, maka bagaimana tanggapan siswa terhadap peran pembimbing dan bagaimana hubungan peran pembimbing tersebut dengan asktivitas siswa menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tanggapan siswa terhadap peran pembimbing dalam menghafal Al-Qur’an, 2) aktivitas siswa dalam menghafal Al-Qur’an dan 3) hubungan tanggapan siswa terhadap peran pembimbing dengan aktivitas siswa menghafal Al-Qur’an. Aktivitas siswa dalam menghafal Al-Qur’an dipengaruhi oleh perilaku siswa dalam belajar. Oleh karena itu, peran pembimbing sebagai guru diperlukan untuk mempengaruhi siswa agar proses menghafal Al-Qur’an dapat berjalan dengan baik. Karena semakin positif tanggapan siswa terhadap peran pembimbing maka aktivitas siswa dalam menghafal Al-QUr’an akan semakin baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuntitatif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara, dokumentasi dan angket. Dengan responden sebanyak 40 siswa yang diambil 25% dari jumlah siswa sebanyak 158 siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa 1) tanggapan siswa terhadap peran pembimbing diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,58 yang termasuk dalam kategori baik, 2) aktivitas siswa dalam menghafal Al-Qur’an diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,65 yang termasuk dalam kategori baik dan 3) hubungan antara tanggapan siswa terhadap peran pembimbing dengan aktivitas siswa menghafal Al-Qur’an diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,65 termasuk dalam kategori kuat/tinggi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan rhitung 0,65 > rtabel 0,312, menunjukkan Ho ditolak dan Ha yang diajukan diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara tanggapan siswa terhadap peran pembimbing dengan aktivas siswa menghafal Al-Qur’an. Adapun nilai koefisien determinasi variabel X terhadap variabel Y sebesar 42,25%. Artinya pengaruh tanggapan siswa terhadap peran pembimbing dengan aktivitas siswa menghafal Al-Qur’an sebesar 42,25%. Sedangkan sisanya sebesar 57,75% dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat mempengaruhi aktivitas siswa menghafal Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur'an; siswa; pembimbingan
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Fitriyani
Date Deposited: 23 Apr 2021 01:06
Last Modified: 23 Apr 2021 01:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38900

Actions (login required)

View Item View Item