Peran pondok pesantren dalam pemberdayaan wirausaha santri : Studi deskriptif di pondok pesantren Lantabur, Kota Cirebon

Fauziyah, Fauziyah (2020) Peran pondok pesantren dalam pemberdayaan wirausaha santri : Studi deskriptif di pondok pesantren Lantabur, Kota Cirebon. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (812kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy

Abstract

Peran pondok pesantren sangat penting bagi para santri, bukan hanya sebagai guru mengaji saja akan tetapi sebagai fasilitator untuk para santrinya. Di Indonesia Pondok Pesantren jarang menerapkan ilmu pengetahuan sosial dalam pemberdayaan, yang nantinya akan menjadikan santri yang pandai berwirausaha. Oleh karena itu Pondok Pesantren Lantabur adalah salah satu Pondok Pesantren yang menerapkan pemberdayaan wirausaha melalui perkebunan, peternakan, dan budi daya ikan lele. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses pemberdayaan wirausaha santri oleh Pondok Pesantren Lantabur dan bagaimana hasil dari program pemberdayaan wirausaha snatri oleh Pondok Pesantren Lantabur Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori peran menurut Parson dan teori pemberdayaan menurut Edi Suharto. Dalam teori dijelaskan bahwa pemberadayaan mencakup pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan dan pemeliharaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan secara mendetail dari objek penelitian yang diteliti. Metode pengumpulan data dilakukan dnegan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan tahap analisis data dalam penelitian ini, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan wirausaha oleh pondok pesantren Lantabur adalah sebagai berikut : pertama proses pemberdayaan wirausaha santri, yang meliputi lima pendekatan yaitu pemungkinan, pendekatan ini, pihak pesantren mensurvai terlebih dahulu potensi yang ada dilingkungan pesantren, penguatan, penguatan pendekatan ini dengan penguatan melaui ilmu pengetahuan kepada santri dengan diadakanya pelatihan untuk membuka wawasan para santrinya, perlindungan dalam tahap perlindungan pihak pesantren tetap mempertahankan kualitas produk agar tidak kalah saing dengan usaha-usaha lainya, penyokongan dalam tahap pendekatan ini para santri diberikan bimbingan, binaan mengenai pemberdayaan wirausaha tersebut baik secara praktek atau dengan teori, pemeliharaan pendekatan terakhir ialah dengan tetap memelihara kondisi dan usaha yang ada agar tetap seimbang dan stabil. Kedua hasil dari program pemberdayaan wirausaha santri, mendapatkan hasil yang lebih baik, menjadi lebih mandiri, adanya pemberdayaan tersebut lulusan santri sudah ada yang menjadi pengusaha londry, pengusaha ikan lele, dan manaajer umrah dan haji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; Pondok Pesantren; Pemberdayaan; Wirausaha; Santri.
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Islam > Islamic Religious Education
Econmics > Economists
Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fauziyah Fauziyah
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:33
Last Modified: 21 Apr 2021 04:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38886

Actions (login required)

View Item View Item