Praktik penggunaan member card dalam transaksi jual beli ditinjau dari perspektif hukum ekonomi syari'ah : Studi kasus di Retail Outlet Syari'ah Rabbani Ujung Berung Bandung

Azam, Muh.Khoiruman (2021) Praktik penggunaan member card dalam transaksi jual beli ditinjau dari perspektif hukum ekonomi syari'ah : Studi kasus di Retail Outlet Syari'ah Rabbani Ujung Berung Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (799kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena penulis melihat telah banyak perusahaan-perusahaan yang memberlakukan member card dalam transaksi jual belinya. Member card merupakan salah satu strategi pemasaran yang berkembang saat ini dengan memberikan program potongan harga dan berbagai macam keuntungan bagi para penggunanya. Salah satunya Retail Outlet Syari’ah Rabbani Ujung Berung Bandung yang memberlakukan sebagian praktik jual belinya menggunakan member card, namun Member card Rabbani didapat dengan cara membayar biaya keanggotaan, adanya iuran berkala serta menimbulkan ketidakadilan antara konsumen member dan non member dalam hal diskon akhir tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan praktik penggunaan member card dalam transaksi jual beli di Retail Outlet Syari’ah Rabbani Ujung Berung Bandung serta mengetahui dan menganalisis bagaimana tinjauan hukum ekonomi syari’ah terhadap praktik penggunaan member card dalam transaksi jual beli di Retail Outlet Syari’ah Rabbani Ujung Berung Bandung. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini didasarkan pada ketentuan akad jual beli dalam fiqh muamalah. Prinsip-prinsip muamalah dalam praktek jual beli, bahwasannya jual beli itu harus di dasarkan atas prinsip an-Taradhin (suka sama suka), jual beli tidak boleh mengandung unsur gharar, jual beli dilakukan untuk mencari keuntungan (laba), serta jual beli harus senantiasa mendatangkan manfaat dan menghindarkan mudharat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif (studi kasus), yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan untuk menguji secara terperinci terhadap lokasi penelitian untuk menyelidiki gejala-gejala objektif yang terjadi di lokasi tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis berupa wawancara, observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada tiga mekanisme praktik penggunaan member card di Retail Outlet Syari’ah Rabbani Ujung Berung Bandung yaitu: cara mendaftar dan fasilitas yang didapat dari member card, masa aktif atau jangka waktu member card, dan ketidakadilan konsumen member card dengan konsumen biasa. Menurut tinjauan hukum ekonomi syari’ah bahwasannya penggunaan member card dalam transaksi jual beli di Retail Outlet Syari’ah Rabbani Ujung Berung Bandung tidak terdapat unsur riba, tetapi terdapat unsur gharar dalam tambahan biaya saat memperpanjang member card yang tidak diinformasikan oleh pihak Rabbani. Selain itu, dalam hal diskon akhir tahun, konsumen member card dengan konsumen biasa mendapat hak yang sama sehingga terjadi ketidakadilan antara konsumen member card dengan konsumen biasa, dimana konsumen member hanya dapat memilih satu diskon saja, yakni diskon member atau diskon akhir tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli; Member Card; Hukum Ekonomi Syari'ah
Subjects: Islam > Religious Ceremonial Laws and Decisions
Administration of Economy > Administration of Commerce
Business > Education, Research, Related Topics of Business
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: muhammad khoiruman azam
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:22
Last Modified: 19 Apr 2021 02:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38819

Actions (login required)

View Item View Item