Kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah hubungannya dengan motivasi kerja guru di Kecamatan Ciparay

Awaludin, Restu Muhazir (2020) Kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah hubungannya dengan motivasi kerja guru di Kecamatan Ciparay. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Ciparay diperoleh informasi, bahwa penelitian ini di latar belakangi oleh masalah pada motivasi kerja guru baik pada dimensi internal maupun eksternal. Penyebab dari kurangnya motivasi kerja guru disebabkan karena kurang optimal kepala madrasah dalam memimpin. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada tiga. Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah, bagaimana motivasi kerja guru dan bagaimana kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah hubungannya dengan motivasi kerja guru di Kecamatan Ciparay. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah, mengetahui motivasi kerja guru dan mengetahui kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah hubungannya dengan motivasi kerja guru di Kecamatan Ciparay. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa motivasi kerja guru dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya melalui kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah dengan motivasi kerja guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasi yaitu penelitian yang berusaha melihat apakah ada hubungan antara variabel X (kepemimpinan kepala madrasah Ibtidaiyah) dan variabel Y (motivasi kerja guru). Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan angket. Teknik analisis data dengan statistik dreskriptif dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,82 angka tersebut termasuk pada kualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,40-4,19. (2) Motivasi kerja guru memperoleh nilai 3,48 berkualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,40-4,19. (3) Kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah hubungannya dengan motivasi kerja guru diperoleh nilai korelasi 72,5% dari hasil SPSS. Sehingga dapat dikatakan bahwa kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah (Variabel X) memiliki korelasi yang tinggi terhadap motivasi kerja guru (Variabel Y). Kadar pengaruh kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah sebesar 72,5%. Karena itu masih ada 27,5% faktor lain yang mempengaruhi motivasi kerja guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kepala Madrasah; Motivasi; Guru
Subjects: Social Process > Leadership
Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Restu Muhazir Awaludin
Date Deposited: 19 Apr 2021 01:03
Last Modified: 19 Apr 2021 01:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38761

Actions (login required)

View Item View Item