Dakwah visual media sosial ustadz Hanan Attaki melalui Shift di instagram

Junaeni, Ramdan (2021) Dakwah visual media sosial ustadz Hanan Attaki melalui Shift di instagram. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan pada masa pandemi Covid-19 dimana penggunaan sosial media dan internet sedang mengalami peningkatan. Ustadz Hanan Attaki dan Shift tidak berhenti untuk melakukan dakwahnya, walaupun kegiatan dakwah di rumah ibadah sedang mengalami pembatasan. Media Sosial menjadi sarana alternatif yang dimanfaatkan oleh Shift untuk tetap menebar manfaat dakwah. Kemasan dakwah ustadz Hanan Attaki melalui shift dibuat semenarik mungkin, salahsatunya adalah konten dakwah berupa video yang dipadukan dengan cinematography sehingga membuat estetika video menjadi terlihat beda dan cinematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) desain dakwah visual media sosial Ustadz Hanan Attaki melalui Shift di Instagram sebagai alternatif dakwah di masa pandemi. 2) makna-makna yang terdapat dalam dakwah visual media sosial Ustadz Hanan Attaki melalui Shift di Instagram. 3) narasi yang terdapat pada video dakwah Ustadz Hanan Attaki melalui Shift di Instagram sebagai design dakwah visual di media sosial. Paradigma dalam penelitian ini adalah paradigm interpretif. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan semiotika Roland Bartesh. Teknik pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Roland Bartesh, dimana semiologi, pada dasarnya hendak mempelajari bagaimana kemanusiaan (humanity) memaknai hal-hal (things). Berdasarkan hasil penelitian desain dakwah visual yang dibuat SHIFT berdasarkan prinsip-prinsip desain, sudah memenuhi prinsip tersebut, latar belakang melesatnya dakwah Ustadz Hanan Attaki. Maka dalam setiap kontennya, SHIFT menggunakan desain yang ramah milenial dengan memadukan design grafis dan cinematography pada konten-konten video one minute booster. Karena menurut hasil survey pengguna aktif internet dikuasai oleh kaum milenial / para pemuda pemudi. Ditambah dengan masa pandemi Covid 19, desain dakwah yang dibuat SHIFT melalui video-video one minute booster ini telah menjadi alternatif dakwah yang efektif, ketika aktivitas dakwah lapangan sedang dibatasi. Adapun makna makna yang terkandung dalam ke lima video one minute booster adalah hikmah hikmah agama yang berasal dari aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Dan narasi-narasi yang dibangun dalam dakwah SHIFT adalah bahasa prokem yang disisipkan dalam ceramah membuat narasi ceramah terasa tidak kaku dan lebih masuk di kalangan pemuda dan remaja. Sehingga berdasarkan observasi di akun Istagram SHIFT dan Ustadz Hanan Attaki, video-video tersebut berhasil menarik perhatian kaum muda dan remaja dengan jumlah tayangan yang rata-rata mencapai ratusan ribu. dampak video terhadap user yang menyaksikan video tersebut bisa dikatakan cukup memberikan pengaruh dimana bisa dilihat dari komentar-komentar user yang positif dan merasa tersadarkan dengan video tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Desain; Dakwah Visual; Semiotika; Makna; Narasi;
Subjects: Communications Telemunications
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ramdan Junaeni
Date Deposited: 14 Apr 2021 04:56
Last Modified: 14 Apr 2021 04:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38735

Actions (login required)

View Item View Item