Penerapan Pedagogical Content Knowledge (PCK) untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi elastisitas zat padat

Kharisma, Fikynindita Ika (2020) Penerapan Pedagogical Content Knowledge (PCK) untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi elastisitas zat padat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran fisika adalah proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi yang ia miliki. Salah satu potensi yang harus dimiliki oleh peserta didik adalah keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan, peningkatan dan perbedaan peningkatan keterampilan proses sains setelah diterapkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) materi elastisitas zat padat. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimental dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMAN Jatinangor, dengan sampel dua kelas yakni XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 30 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu CoRe, PaP-eRs, AABTLT with SAS dan soal keterampilan proses sains. Hasil dari penelitian ini adalah rata-rata efektivitas proses pembelajaran di kelas eksperimen adalah 74% dengan kategori efektif dan rata-rata efektivitas proses pembelajaran di kelas kontrol adalah 72% dengan kategori efektif. Rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0,55 dengan kategori sedang dan kelas kontrol adalah 0,33 dengan kategori sedang. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t diperoleh hasil pretest menunjukkan nilai sig (2-tailed) > 0,05 sehingga Ho diterima atau Ha ditolak sedangkan pada posttest menunjukkan nilai sig (2-tailed) < 0,05 sehingga Ho ditolak atau Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan proses sains; Pedagogical Content Knowledge (PCK); CoRe; PaP-eRs
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Fikynindita Ika Kharisma
Date Deposited: 15 Apr 2021 07:18
Last Modified: 15 Apr 2021 07:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38730

Actions (login required)

View Item View Item