Pengaruh Price Earning Ratio dan Price to Book Value terhadap Stock Price di Perusahaan terindeks Syariah : Studi di PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk

Ningrum, Rizky Zulfia (2020) Pengaruh Price Earning Ratio dan Price to Book Value terhadap Stock Price di Perusahaan terindeks Syariah : Studi di PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Price Earning Ratio (PER) merupakan rasio pasar yang mengindikasikan penghargaan investor terhadap kinerja perusahaan yang ditunjukkan dalam Earning Per Share (EPS). Price Earning Ratio (PER) diperoleh dari perbandingan antara harga pasar suatu saham (marketprice) dengan Earning Per Share (EPS) dari saham bersangkutan. Makin tinggi Price Earning Ratio (PER) suatu saham, maka semakin mahal saham tersebut terhadap pendapatan bersih saham tersebut. Price to Book Value (PBV) merupakan rasio atau perimbangan antara harga saham di pasar (market price) dengan Book Value perusahaan pada periode yang sama. Pada rasio Price to Book Value investor dapat mengetahui langsung sudah berapa kali market value suatu saham dihargai dari book value-nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Price Earning Ratio (PER) dan Price to Book Value (PBV) terhadap Stock Price pada PT. Ultrajaya Milk Industry &Trading Company Tbk. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis secara parsial yaitu dengan analisis regresi sederhana, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, dan uji t serta dianalisis secara simultan dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda, dan uji F. Sumber data penelitian yang digunakan adalah sumber data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Ultrajaya Milk Industry &Trading Company Tbk. periode 2011- 2018. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan antara Price Earning Ratio (PER) terhadap Stock Price dibuktikan dengan hasil pengujian statistik yaitu thitung < ttabel (1,360 < 2,447) dan nilai signifikansinya 0,223 > 0.05. Kemudian Price to Book Value (PBV) terdapat pengaruh signifikan terhadap Stock Price dibuktikan dengan hasil pengujian statistik menunjukkan thitung<ttabel (3,094>2,447) dan nilai signifikansinya 0,021 < 0,05. Sedangkan secara simultan menunjukkan hasil bahwa Price Earning Ratio (PER) dan Price to Book Value (PBV) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Stock Price dengan hasil pengujian statistik yaitu Fhitung > Ftabel (6,343 > 5,79) dan nilai signifikansinya 0,042 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Price Earning Ratio; Price to Book Value; Stock Price
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Econmics > Economists
General Management > Financial Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Rizky Zulfia Ningrum
Date Deposited: 12 Apr 2021 07:07
Last Modified: 12 Apr 2021 07:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38698

Actions (login required)

View Item View Item