Hubungan supervisi akademik kepala Madrasah dengan profesionalisme guru : Penelitian pada guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung

Rahmanto, Ilham (2020) Hubungan supervisi akademik kepala Madrasah dengan profesionalisme guru : Penelitian pada guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy

Abstract

Supervisi akademik merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam suatu lembaga pendidikan. Sebagai proses pengawasan kinerja guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan peningkatan kinerja guru secara profesional agar tercapai tujuan pendidikan. Dalam penyelenggaraan proses supervisi akademik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung masih ada beberapa hal yang menjadi permasalahan diantaranya: bagaimana tahap persiapan penyusunan format/instrumen supervisi, teknik supervisi yang paling efektif dilaksanakan, dan korelasi antara supervisi yang dilakukan dengan peningkatan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) realitas supervisi akademik kepala madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung, (2) realitas profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung, (3) realitas hubungan antara supervisi akademik kepala madrasah dengan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan metode deskriptif korelasioner. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrument (validitas dan reliabilitas), analisis parsial perindikator, penafsiran variabel, uji normalitas data, analisis korelasi dan koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) supervisi akademik kepala madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung termasuk kualifikasi tinggi, karena berada pada interval 3,6 – 4,5 yaitu 4,33 (kualifikasi tinggi). (2) profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung termasuk kualifikasi sangat tinggi, karena pada rentang interval 4,6 – 5,5 yaitu 4,57 (kualifikasi sangat tinggi). (3) hubungan antara supervisi akademik kepala madrasah dengan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung diperoleh nilai koefisien sebesar 0,562** atau 56,2%. Nilai tersebut termasuk korelasi kategori 0,40 – 0,59 yang artinya ada hubungan yang sedang atau cukup serta memiliki arah hubungan yang positif dan searah. Signifikansi antara keduanya diperoleh 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, hal ini memberikan arti bahwa ada hubungan positif dan searah antara supervisi akademik kepala madrasah dengan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung. Koefisien determinasi diperoleh 31,6%, Angka tersebut mengisyaratkan bahwa profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung 68,4% nya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: supervisi akademik; profesionalisme guru; madrasah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Ilham Rahmanto
Date Deposited: 12 Apr 2021 02:00
Last Modified: 12 Apr 2021 02:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38676

Actions (login required)

View Item View Item