Makna tradisi upacara Seba dan implikasi terhadap spiritualitas masyarakat di situs kabuyutan Ciburuy Desa Pamalayan Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut

Setiati, Atu (2020) Makna tradisi upacara Seba dan implikasi terhadap spiritualitas masyarakat di situs kabuyutan Ciburuy Desa Pamalayan Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Kebudayaan di suatu wilayah memiliki ciri khasnya tersendiri dan itu terbentuk dari kebiasaan dan kepercayaan masyarakat setempat lalu berkembang menjadi sebuah tradisi di wilayah tersebut dan diwariskan secara turun temurun sebagai bentuk pelestarian kebudayaan setempat. Realitas tradisi upacara seba merupakan salah satu bentuk budaya yang dijalankan oleh masyarakat setempat dan memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan masyarakat sehingga selalu dijalankan dari setiap generasinya yang pada akhirnya menjadi sebuah tradisi di Situs Kabuyutan Ciburuy. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui makna yang terkandung di dalam Upacara Seba di Situs Kabuyutan Ciburuy dan implikasinya terhadap masyarakat. Metode penelitian yang digunakan berdasarkan metode kualitatif dalam penyusunan skripsi. Metode tersebut memaparkan suatu realitas secara alamiah dan lebih memahami makna di dalamnya sehingga metode kualitatif ini cocok untuk dijadikan sebagai metode penelitian saya karena jenis metode kualitatif untuk membuat deskripsi atau menggambarkan, menerangkan, melukiskan secara sistematis, akurat, langsung kepada fakta-fakta yang terjadi serta hubungan antar fenomena yang akan diteliti. Teori yang digunakan yaitu teori makna dari Chaer, teori implikasi dari Silalahi, teori sakral dan profan dari Mircea Eliade. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan datanya kepada para tokoh setempat, warga sekitar, pengunjung yang datang melalui proses wawancara dan observasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa prosesi upacara Seba yang dilaksanakan di Situs Kabuyutan Ciburuy ada tiga tahapan yaitu persiapan upacara, puncak upacara, dan penutupan upacara. Makna Tradisi Upacara Seba yaitu nyebaken (menyerahkan) dalam hal harta, hasil dari bumi, tenaga, pikian yang saling bergotong royong atau membakti kepada Tuhan karena sudah menjaga dan memeriksa negara, alam, dan segala isi yang ada di bumi. Makna Upacara Seba yang dikatagorikan ke dalam sacral yaitu upacara seba dalam makna tradisi atau lebih khusus yang di dalamnya memiliki nilai-nilai sakral atau yang dianggap suci oleh masyarakat dengan adanya ritual-ritual khusus yang dijalankan. Sedangkan yang dikategorikan profan adalah makna upacara seba secara umum yang di dalamnya bermakna sebagai pariwisata dan ekonomi. Implikasi terhadap spiritual masyarakat menjadi lebih meningkat setelah pelaksanaan upacara seba dan masyarakat merasa semakin rajin beribadah, lebih berserah diri kepada Tuhan, lebih berintrofeksi diri dan memperbaiki prilaku dan ucapan, menjadi damai dan tenang dalam menjalani kehidupan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Upacara Seba; Tradisi; Makna; Implikasi; Sakral; Profan; Spiritual
Subjects: Religious Mythology
Islam
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Kepercayaan Mengenai Hal-hal Tertentu
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Perbandingan Kepercayaan Aliran dan Sekte-sekte dalam Islam
Culture and Institutions > Specific Aspect of Culture
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: atu setiati
Date Deposited: 09 Apr 2021 00:10
Last Modified: 09 Apr 2021 00:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38642

Actions (login required)

View Item View Item