Persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru hubungannya dengan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PAI : Penelitian terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cileunyi

Shoffa, Bernar Ibnu (2020) Persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru hubungannya dengan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PAI : Penelitian terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMP Negeri 1 Cileunyi khususnya kelas VII dapat diasumsikan bahwa siswa memiliki persepsi yang berbeda-beda terhadap kompetensi pedagogik yang dimiliki guru Pendidikan Agama Islam terutama dalam penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, karena terdapat siswa yang merasa antusias dengan metode tersebut adapula yang tidak antusias sehingga aktivitas belajarpun tidak berjalan dengan efektif dan efesien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1). Persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Cileunyi. 2). Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Cileunyi. 3). Hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru dengan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Cileunyi. Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PAI ditentukan oleh kompetensi pedagogik yang dimiliki guru, semakin baik kompetensi pedagogik yang dimiliki guru maka semakin tinggi pula aktivitas belajar siswa. Metode penelitian yang dilakukan adalah menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sumber penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cileunyi dengan jumlah 518 orang siswa diambil sampel dengan cara propotional random sampling sebanyak 52 orang siswa. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui: 1) Angket, untuk memperoleh data kompetensi pedagogik guru dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PAI, 2) wawancara, untuk memperoleh data profil lokasi penelitian, 3) dokumentasi, untuk memperoleh data-data yang relevan dengan penelitian. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) analisis parsial, 2) uji normalitas, 3) analisis korelasional. Berdasarkan penelitian maka dapat diketahui bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru PAI SMP Negeri 1 Cileunyi berkategori baik. Hal ini berdasarkan skor rata-rata sebesar 3,98 yang berada pada skala interval 3,40 – 4,19, 2) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas VII SMP Negeri 1 Cileunyi berkategori sangat tinggi. Hal ini berdasarkan skor rata-rata sebesar 4,27 yang berada pada skala interval 4,20 – 5,00, 3) Hubungan kompetensi pedagogik guru dengan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 1 Cileunyi berkategori sangat lemah atau sangat rendah. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi menggunakan product moment sebesar 0,12 yang berada pada skala interval 0,00 – 0,20. Adapun derajat Hubungan antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 1,58%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa; Kompetensi Pedagogik Guru; Aktivitas Belajar Siswa; PAI
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Adult Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bernar Ibnu Shoffa
Date Deposited: 09 Apr 2021 01:12
Last Modified: 09 Apr 2021 01:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38631

Actions (login required)

View Item View Item