Model pembelajaran ECIRR (Elicit Confront Identify Resolve Reinforce) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik : Penelitian kuasi eksperimen di MTs Al-Hidayah

Peranti, Suci Juniarti (2020) Model pembelajaran ECIRR (Elicit Confront Identify Resolve Reinforce) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik : Penelitian kuasi eksperimen di MTs Al-Hidayah. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (591kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemahaman matematis yang rendah. Pembelajaran dengan menggunakan model ECIRR menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta yang memperoleh pembelajaran Elicit Confront Identify Resolve Reinforce (ECIRR) lebih baik daripada dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional. (b) Perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran Elicit Confront Identify Resolve Reinforce (ECIRR) berdasarkan Pengetahuan Awal Matematika (PAM) berdasar kategori tinggi, sedang dan rendah. Populasi penelitian iniadalah kelas VII dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling, sehingga diperoleh sampel kelas VII-A dan VII-B. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman matematis. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ECIRR tidak lebih baik dari peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. (b) tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ECIRR dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan kemampuan Pengetahuan Awal Matematis (PAM) dengan kategori (tinggi, sedang dan rendah)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran ECIRR;Pemahaman Matematis
Subjects: Analysis, Theory of Functions
Applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Suci Juniarti Peranti
Date Deposited: 07 Apr 2021 07:29
Last Modified: 07 Apr 2021 07:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38608

Actions (login required)

View Item View Item