Terapi pengamal dzikir Hasbunallāh Wani’mal Wakīl dalam mengatasi stres pada siswa akhir sekolah : Studi penelitian di Pondok Pesantren Al-Ittihad Cianjur

Hidayat, Agus Kurnia (2019) Terapi pengamal dzikir Hasbunallāh Wani’mal Wakīl dalam mengatasi stres pada siswa akhir sekolah : Studi penelitian di Pondok Pesantren Al-Ittihad Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ASBTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy

Abstract

Berbicara soal siswa akhir sekolah atau siswa kelas XII yang merupakan masa di mana siswa memasuki masa dewasa dini. Ini merupakan masa peralihan yang akan dialami seorang siswa saat memasuki akhir sekolah. Di masa ini siswa akan menghadapi masa penuh dengan permasalahan dan masa penuh dengan ketegangan emosional. Stres di masa akhir sekolah biasanya karena berbagai ketakutan muncul pada diri siswa akan hal-hal buruk yang akan didapatnya. Seperti, takut tidak dapat mengerjakan ujian-ujian di sekolah, takut akan mendapat nilai yang kurang bagus, karir dan masa depannya selepas lulus sekolah, dan ketakutan ketakutan lainnya. Islam mempunyai suatu metode untuk menjadikan mental manusia sehat dan jauh dari stres, yaitu dengan mendekatkan diri kepada Allah. Salah satu amalan yang mempunyai berjuta manfaat yaitu kalimat zikir Hasbunallāh Wani’mal Wakīl. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Terapi Pengamal Dzikir Hasbunallāh Wani’mal Wakīl dalam Menagatasi Stres Pada Siswa Akhir Sekolah di Pondok Pesantren Al-Ittihad Cianjur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berupa deskriptif. Objek yang diteliti adalah siswa Pondok Pesantren Al-Ittihad Cianjur, agar memperoleh gambaran yang realita sesuai dengan keadaan fenomena yang terjadi di lapangan melalui pengumpulan data dengan teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis dengan cara direduksi data, penyakian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan, Zikir Hasbunallāh Wani’mal Wakīl yang di berikan kepada siswa di pondok pesantren Al- Ittihad Cianjur bersifat pasif, dan hanya di berikan kepada siswa yang suka rela ingin mengamalkan zikir Hasbunallāh Wani’mal Wakīl. Zikir dilakukan dengan menyerahkan pelaksanaannya kepada masing-masing siswa, karena Zikir tersebut merupakan amalan yang ringan dan dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja Selain itu, Zikir Hasbunallāh Wani’mal Wakīl yang diberikan pada siswa di pondok pesantren Al-Ittihad Cianjur terbukti sangat efektif untuk menyembuhkan dan mengatasi Stres pada siswa akhir sekolah atau kelas (XII). Zikir tersebut dinyatakan dapat membuat pikiran siswa lebih tenang, dan percaya akan diri sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Zikir Hasbunallāh Wani’mal Wakīl; stres; siswa akhir sekolah
Subjects: Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives > Emotions and Feeling
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Agus Kurnia Hidayat
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:15
Last Modified: 06 Apr 2021 05:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38565

Actions (login required)

View Item View Item