Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal berpikir abstraksi matematis berdasarkan Kriteria Watson

Islam, Sabila Nurul (2020) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal berpikir abstraksi matematis berdasarkan Kriteria Watson. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy

Abstract

Beberapa fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan abstraksi matematis masih rendah salah satunya dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa saat menyelesaikan soal berpikir abstraksi matematis berdasarkan kriteria Watson pada materi bangun ruang sisi datar sub bab volume dan luas permukaan kubus, balok, prisma, dan limas di masa pandemi covid-19 ini. Penelitian ini melibatkan 39 orang siswa kelas VIII-B MTs Persis Katapang, dengan teknik pengumpulan data pemberian tes sebanyak empat soal dengan indikator kemampuan berpikir abstraksi matematis dan wawancara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal berpikir abstraksi matematis berdasarkan kriteria Watson yaitu (1) data tidak tepat (inappropriate data) sebesar 5,85% dengan penyebab tidak teliti saat menuliskan menentukan data yang digunakan, (2) prosedur tidak tepat (inappropriate procedure) sebesar 10,58% dengan penyebab tidak memahami soal dengan baik, (3) data hilang (omitted data) sebesar 4,76% tidak teliti saat menentukan data yang akan digunakan, (4) kesimpulan hilang (omitted conclusion) sebesar 34,92% dengan penyebab tidak terbiasa menuliskan kesimpulan pada akhir penyelesaian soal, (5) konflik level respon (respon level conflict) sebesar 3,70% dengan penyebab tidak memahami soal sehingga menduga-duga jawaban, (6) manipulasi tidak langsung (undirected manipulation) sebesar 5,29% dengan penyebab terburu-buru saat menuliskan jawaban dan tidak memahami soal dengan baik, (7) masalah hierarki keterampilan (skills hierarchy problem) sebesar 3,18% dengan penyebab tidak teliti saat menghitung, (8) selain ketujuh kriteria tersebut (above other) sebesar 31,75% dengan penyebab tidak mengecek kembali jawaban. Solusi untuk menghindari kesalahan yang dilakukan siswa tersebut di antaranya memberi penguatan untuk siswa agar menguasai setiap materi yang telah dipelajari dengan menerapkan pembelajaran yang membuat siswa aktif untuk banyak berlatih dengan berbagai macam variasi soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan; Kriteria Watson; Kemampuan Abstraksi Matematis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Sabila Nurul Islam
Date Deposited: 05 Apr 2021 06:16
Last Modified: 05 Apr 2021 06:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38539

Actions (login required)

View Item View Item