Pengaruh perencanaan anggaran terhadap penyerapan anggaran Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Nurgianti, Adisty (2021) Pengaruh perencanaan anggaran terhadap penyerapan anggaran Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) menjadi salah satu program yang dari Walikota Bandung dimana dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh masyarakat dari mulai proses perencanaan hingga pelaksanaannya. Kecamatan Cibiru menjadi salah satu instansi yang menjalankan Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilahan (PIPPK) hingga pada tahun 2017 data menunjukan bahwa Kecamatan Cibiru menjadi salah satu instansi yang paling rendah penyarapan anggarannya diantara seluruh Kecamatan yang ada di Kota Bandung. Hal ini salah satunya disebabkan oleh Perencanaan Anggaran yang kurang Optimal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaru dari Perencanaan Anggaran terhadap Penyerapan Anggaran PIPPK di Kota Bandung khususnya di Kecamatan Cibiru Tahun 2017 - 2018. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Perencanaan Anggaran dari Erni dan Kurniawan (2005:165) yakni dimensi Proses, Manajemen, dan Pengambilan Keputusan. Sedangkan, Teori Penyerapan Anggaran dari Abdul Halim (2014:91) yakni Faktor yang menghambat Perencanaan terdapat Lemahnya perencanaan anggaran, Lamanya Pembahasan anggaran, Lambannya proses tender, dan Ketakutan menggunakan anggaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi nonpartisipan dan penyebaran kuesioner pada 49 responden pegawai yang tersebar di Kecamatan Cibiru, Kelurahan Cipadung, Kelurahan Pasirbiru, Kelurahan Cisurupan, dan Kelurahan Palasari. Hasil penelitian diketahui bahwa, terdapat hubungan pengaruh yang positif antara setiap dimensi Perencanaan Anggaran dan Penyerapan Anggaran. Dengan pengujian dua sisi (signifikansi = 0,05) hasil diperoleh untuk t tabel sebesar 2,011, sedangkan koefisen determinasi sebesar 29,4%, artinya nilai koefisiensi determinasi yang telah dihitung sebesar 29,4% masuk dalam kategori cukup tinggi, Sedangkan sisanya sebesar 70,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Oleh karena itu thitung > ttabel ( 3,598 > 2,011) maka Ha diterima, artinya secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara Perencanaan Anggaran terhadap Penyerapan Anggaran PIPPK Kecamatan Cibiru Kota Bandung 2017-2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Anggaran; Penyerapan Anggaran; PIPPK
Subjects: General Management > Budgeting
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: adisty nurgianti
Date Deposited: 05 Apr 2021 02:59
Last Modified: 05 Apr 2021 02:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38515

Actions (login required)

View Item View Item