Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan kesehatan bagi penderita gangguan jiwa di Provinsi Jawa Barat: Analisis Pasal 4 Huruf C Perda Nomor 5 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Jiwa

Wartini, Titin (2021) Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan kesehatan bagi penderita gangguan jiwa di Provinsi Jawa Barat: Analisis Pasal 4 Huruf C Perda Nomor 5 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Jiwa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Penderita gangguan jiwa seringkali dianggap menjadi penggagu keberadaanya bagi masyarakat lainnya. Sehingga hak – hak penderita gangguan jiwa sebagai warga negara yang sama tidak terpenuhi. Untuk menyelesaikan masalah tesebut, tentu perlunya kerjasama berbagai pihak. Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah membuat suatu regulasi yang mengatur penyelenggaraan kesehatan jiwa tatu Peraturan Daerah Nomor tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Jiwa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Peraturan Daerah Nomor 5 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Jiwa yang ditinjau dengan asas-asas Siyasah Dusturiyah dan mengetahui hasil yang telah diwujudkan dari implementasi kebijakan tersebut serta mengetahui tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap implementasi kebijkan tersebut. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan dan tanggung jawab negara serta tinjauan siyasah dusturiyah yang berkaitan dengan masalah yang diambil oleh penulis. Metode penelitian yang penulis lakukan adalah metode kualitatif dengan pendekatan hukum peraturan perundang-undangan yang berlaku dan studi kasus pada suatu wilayah untuk menggabungkan fakta yang ada menjadi data-data empirik dengan melakukan wawancara dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi kebijakan Pasasl 4 huruf c Peraturan Daerah Nomor 5 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Jiwa yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat adalah dengan menyediakan puskesmas yang melakukan deteksi dini dan mengadakan peltihan khusus bagi tenaga kesehatan dalam menangani ODGJ sebagai upaya preventif, melakukan pelayanan sesuai standard sebagai upaya sebagai upaya kuratif, mendirikan rumah sakit jiwa provinsi jawa barat sebagai upaya rehabilitatif. Kemudian hasil dari implementasi kebijkana tersebut pemerintah provinsi Jawa Barat telah membuat program WALAGRI untuk pelatihan kehidupan ODGJ. Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap Pasal 4 huruf c Peraturan Daerah Nomor 5 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Kesehatan jiwa dapat dilihat dari asas-asas dan prinsip-prinsip Dusturiyah yang terkandung dalam pasal-pasal Peraturan Daerah tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hak ODGJ; Implementasi; Perlidungan Peraturan Daerah
Subjects: Law > Organization and Management of Law
Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Siyasah
Depositing User: Titin Wartini
Date Deposited: 31 Mar 2021 08:22
Last Modified: 31 Mar 2021 08:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38492

Actions (login required)

View Item View Item