Pengaruh Empati terhadap Perilaku Bullying pada Siswa MTs X di Garut

Susilawati, Esti (2019) Pengaruh Empati terhadap Perilaku Bullying pada Siswa MTs X di Garut. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa MTs salah satu pesantren di Garut. Setelah dilakukan studi pendahuluan didapatkan hasil yang menunjukan sering terjadinya perilaku bullying pada siswa dan empati yang rendah merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku bullying pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh empati terhadap perilaku bullying pada siswa serta mengetahui seberapa besar pengaruh empati terhadap perilaku bullying pada siswa MTs X di Garut. Perilaku bullying merupakan tindakan intimidasi yang dilakukan seseorang/kelompok terhadap orang lain baik secara fisik maupun psikis secara berulang dengan tujuan untuk menyakiti korban. Sedangkan empati merupakan keadaan psikologis seseorang yang dapat menempatkan dirinya ke dalam pikiran-pikiran, perasaan-perasaan, kondisi orang lain tanpa harus terlibat secara nyata di dalamnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi adalah 277 siswa MTs X di Garut. Dari jumlah tersebut dipilih 159 siswa sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengambilan data menggunakan model skala likert. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh empati terhadap perilaku bullying pada siswa MTs X di Garut. Siswa yang memiliki empati tinggi akan memberikan pengaruh dalam meminimalisasi perilaku bullying di dalam kehidupan sehari-hari. Begitu pula sebaliknya saat siswa memiliki empati rendah, maka akan berpengaruh terhadap munculnya perilaku bullying yang lebih tinggi pada siswa tersebut. Adapun pengaruh empati (X) terhadap perilaku bullying (Y) sebesar 43,8% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: empati; bullying; siswa; pesantren
Subjects: Psychology > General Publications of Psychology
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Adults
Social Theology and Interreligious Relations and Attitudes
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Esti Susilawati
Date Deposited: 31 Mar 2021 08:00
Last Modified: 01 Apr 2021 01:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38488

Actions (login required)

View Item View Item