Hubungan intensitas menonton drama korea romance dengan tingkat religiusitas pada mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Rosidah, Siti (2021) Hubungan intensitas menonton drama korea romance dengan tingkat religiusitas pada mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari penemuan peneliti mengenai banyaknya mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang sering menonton drama korea romance dengan durasi yang lama. Menonton ini menjadi salah satu sarana hiburan yang mudah dan sering dilakukan untuk sekedar melepas penat atau rasa bosan. Aktifitas menonton yang dilakukan secara terus menerus dengan durasi tertentu disebut intensitas menonton. Dampak yang ditimbulkan dari menonton drama korea romance bisa berupa dampak positif maupun dampak negatif salah satu diantaranya adalah sisi religiusitasnya. Religiusitas bukan hanya diukur dari segi rajin tidaknya seseorang beribadah tapi juga mengukur penghayatan atau perasaan tentang keagamaan yang diyakini dan akhirnya perilaku yang dimunculkan individu berupa akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan intensitas menonton drama korea romance dengan tingkat religiusitas pada mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis hubungan korelasi. Alat ukur yang digunakan adalah skala intensitas menonton mengacu pada pamameter baku Ajzen 1991 (dalam Frisnawati, 2012). dan skala religiusitas yang dimodifikasi dari Hamidah (2019) berdasarkan konsep teori religiusitas yang dikemukakan oleh Glock dan Stark (1996). Subjek penelitian ini adalah mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan jumlah 373 mahasiswi. Teknik analisis menggunakan uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan negatif yang signifikan antara intensitas menonton drama korea romance dengan tingkat religiusitas pada mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: intensitas menonton;tingkat religiusitas;mahasiswi
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Adults
Religious Experiences
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Siti Rosidah
Date Deposited: 31 Mar 2021 02:21
Last Modified: 31 Mar 2021 02:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38460

Actions (login required)

View Item View Item