Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI) pada materi sistem pernapasan manusia

Fadilah, Widiarti Maulina Nur (2021) Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI) pada materi sistem pernapasan manusia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar adalah bahan yang disusun secara sistematis, yang menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dan digunakan dalam proses pembelajaran. Untuk mengembangkan bahan ajar digunakan suatu pendekatan yang dapat mengoptimalkan modalitas siswa dalam belajar sehingga mampu mencapai kompetensi yang diinginkan. Salah satu pendekatan yang mampu memaksimalkan modalitas siswa dalam belajar adalah pendekatan SAVI. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis pendekatan SAVI pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP dan untuk mengetahui kelayakan hasil pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan SAVI pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model yang digunakan yaitu model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh tahap yang di uji cobakan kepada siswa kelas VIII di SMP YPPKP Soreang dengan jumlah 30 siswa tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, validasi ahli dan angket. Data yang diperoleh yaitu hasil validasi bahan ajar ahli dan respon siswa. Validasi bahan ajar oleh ahli materi, ahli media dan guru IPA. Hasil analisis validasi ahli menunjukan bahwa dari ahli materi sebesar 80%, ahli media 78,8% dan guru IPA 95% dengan rata-rata hasil keseluruhan sebesar 82,44% dan dapat dikategorikan sangat baik. Adapun penilaian hasil respon siswa terhadap bahan ajar berbasis SAVI sebesar 84,64% sehingga dapat dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa, produk bahan ajar berbasis pendekatan Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) pada materi sistem pernapasan manusia yang telah dikembangkan memiliki kualifikasi yang sangat baik/layak dan direspon sangat positif dari siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan SAVI; Sistem Pernapasan Manusia
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Widiarti Maulina Nur Fadilah
Date Deposited: 30 Mar 2021 04:30
Last Modified: 30 Mar 2021 04:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38414

Actions (login required)

View Item View Item