Pengembangan E-modul menggunakan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang bunyi

Purnama, Santika (2021) Pengembangan E-modul menggunakan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang bunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan e-modul dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) tingkat kelayakan e-modul dengan pendekatan STEM, 2) keterlaksanaan pemebelajaran menggunakan e-modul dengan pendekatan STEM, 3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan 4) respon peserta didik terhadap penggunaan e-modul dengan pendekatan STEM. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan pendekatan penelitian Research and Develpoment (R&D) yaitu model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) e-modul yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan validasi ahli dengan nilai kelayakan isi sebesar 85,42 %, kelayakan penyajian sebesar 91,67%, dan kelayakan bahasan sebesar 82,50 %. Sehingga diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,53% dengan interpretasi sangat baik. 2) keterlaksanaan pembelajaran berlangsung secara efektif dengan persentase 84%, 3) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik berdasarkan analisis n-gain pada nilai pretest-posttest dengan nilai n-gain keseluruhan yang diperoleh sebesar 0,68 dengan interpretasi sedang. 4) Respon yang diperoleh dari peserta didik terhadap penggunaan e-modul sangat baik dengan persentase nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 82%. Serta dilakukan uji hipotetsis yang menyatakan bahwa signifikasi (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: e-modul; STEM; kemampuan pemecahan masalah; gelombang bunyi
Subjects: Education, Research
Physics > Instrumentation of Physics
Technology, Applied Sciences
Engineering
Engineering > Acoustics in Specific Physical Environments
Applied Physics
Business > Education, Research, Related Topics of Business
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Santika Purnama
Date Deposited: 20 Apr 2021 03:18
Last Modified: 20 Apr 2021 03:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38398

Actions (login required)

View Item View Item