Penerapan pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) berbantuan Schoology untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Matematis dan Self-Confidence siswa

Rahayunita, Shalma (2020) Penerapan pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) berbantuan Schoology untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Matematis dan Self-Confidence siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di SMK Negeri 4 Bandung. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa adalah dengan menerapkan pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) berbantuan Schoology. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran GQGA berbantuan Schoology dengan konvensional; (2) Perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran GQGA berbantuan Schoology dengan konvensional berdasarkan PAM kategori tinggi, sedang, dan rendah; dan (3) Perbedaan peningkatan self-confidence siswa sebelum dan sesudah yang memperoleh pembelajaran GQGA berbantuan Schoology. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang melibatkan sampel 59 siswa SMK Negeri 4 Bandung yaitu 29 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kemampuan komunikasi matematis, tes PAM dan lembar skala sikap. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan peningkatan komunikasi matematis siswa antara yang memperoleh pembelajaran GQGA berbantuan Schoology dengan konvensional; (2) Terdapat perbedaan pencapaian komunikasi matematis siswa antara yang memperoleh pembelajaran GQGA berbantuan Schoology dengan konvensional berdasarkan PAM kategori tinggi, sedang dan rendah; (3) Terdapat perbedaan peningkatan self-confidence siswa sebelum dan sesudah memperoleh pembelajaran GQGA berbantuan Schoology; (4) Siswa mengalami kesulitan pada saat menghubungkan gambar ke dalam ide matematis; dan (5) Tanggapan guru positif terhadap pembelajaran berbantuan Schoology. Implikasi penelitian ini yaitu dalam penerapan pembelajaran GQGA berbantuan Schoology telah memperkuat keaktifan belajar siswa serta meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA); Schoology; Kemampuan Komunikasi Matematis; Self-Confidence
Subjects: Education
Education > Statistic of Education
Education > Research and Statistical Methods
Mathematics
Mathematics > Philosopy and Theory of Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Algebra > Foundations of Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Shalma Rahayunita
Date Deposited: 07 Apr 2021 05:24
Last Modified: 07 Apr 2021 05:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38320

Actions (login required)

View Item View Item