Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap kasus penyalahgunaan lokasi palsu oleh mitra driver transportasi online (Gojek) di Kota Bandung

Lestari, Dwi Gita (2021) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap kasus penyalahgunaan lokasi palsu oleh mitra driver transportasi online (Gojek) di Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy

Abstract

Gojek merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi online, dimana jasa transportasi online ini mulai menjadi hal yang sering dilakukan oleh masyarakat yang membutuhkan jasa transportasi. Tetapi karena dengan banyaknya orang yang mendaftar sebagai mitra maka terjadilah persaingan ketat antar sesama mitra pengemudi, beberapa mitra pengemudi Gojek pun berlaku curang dengan menggunakan lokasi palsu atau lebih sering disebut sebagai istilah “tuyul”. Aplikasi “tuyul” ini memungkinkan mitra mendapatkan keuntungan yang besar dengan cara mengelabui server milik perusahaan tentang lokasi sebenarnya. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu, 1). untuk mengetahui proses penyalahgunaan lokasi palsu oleh mitra driver Gojek. 2). untuk mengetahui respon perusahaan Gojek. 3). untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penyalahgunaan lokasi palsu oleh mitra pengemudi Gojek. Penelitian ini bertolak dengan kegiatan muamalah yang dimana dalam setiap kerja sama harus saling menguntungkan, sehingga rukun dan syarat akad musyarakah terpenuhi dan pelaksanaannya sesuai dengan apa yang ada dalam Al- Qur’an, hadist, dan fiqh muamalah. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif analitik. Analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualiatif menggunakan teknik pengumpulan data dan wawancara, mengkaji studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan: 1) penggunaan lokasi palsu oleh mitra pengemudi dapat terlaksana setelah gawai milik mitra pengemudi telah dilakukan proses root, memasang aplikasi pendamping root, dan terakhir memasang aplikasi “tuyul”. 2). Pihak perusahaan Gojek mengecam penggunaan lokasi palsu ini, karena bertentangan dengan kode etik perusahaan serta merugikan pihak perusahaan. 3). Penggunaan lokasi palsu ini tidak sesuai dengan hukum ekonomi syariah karena dengan apa yang terkandung dalam Al-Qur’an, hadits, dan fiqh muamalah. Penggunaan lokasi palsu ini tidak diperbolehkan oleh syara karena merugikan salah satu pihak, dalam kasus ini adalah pihak perusahaan Gojek. Dalam islam, tidak ada dalil yang melarang penggunaan lokasi palsu, namun beranjak dari kaidah ushul fiqh yang berbunyi “kemudharatan harus hilangkan” maka penggunaan lokasi palsu ini jelas dilarang. Karena penggunaan lokasi palsu ini menjadi jalan atau sarana seseorang menuju perbuatan yang dilarang oleh syara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: lokasi palsu; musyarakah; gharar; transportasi online
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Administration of Economy
Administration of Economy > Departments of Transportation
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Dwi Gita Lestari
Date Deposited: 29 Mar 2021 04:04
Last Modified: 29 Mar 2021 04:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38290

Actions (login required)

View Item View Item