Menakar loyalitas anggota organisasi: Analisis seni perang Sun Tzu terhadap organisasi kedaerahan Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Bandung

Mihadan, Reiki (2021) Menakar loyalitas anggota organisasi: Analisis seni perang Sun Tzu terhadap organisasi kedaerahan Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy

Abstract

Dalam upaya untuk mencapai tujuan bersama maka suatu organisasi membutuhkan loyalitas pada diri kader atau pengurusnya. Ketika organisasi memiliki loyalitas yang tinggi maka akan terbentuk koordinasi dan sikap saling percaya. Sehingga setiap anggota akan saling membantu dalam upaya untuk mencapai tujuan bersama tersebut. Selain itu dengan adanya loyalitas dalam berorganisasi maka setiap anggota dapat saling mengingatkan dan menyadari tupoksi dalam organisasi tersebut. Kondisi krisis loyalitas juga terjadi pada organisasi Ikatan pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Bandung (Ipmakab) Pimpinan Cabang UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, serta menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dipakai adalah dengan menggunakan fenomenologi kemudian dikaitkan dengan konsep seni perang Sun Tzu. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan temuan bahwa kader Ipmakab banyak yang memiliki jiwa yang loyal terhadap oraganisasinya. Secara individu, Ipmakab memiliki citra, visi dan misi yang cukup hebat sebagai sebuah organisasi. Kader-kader Ipmakab pun juga merasakan hal yang serupa. Namun ketika ditinjau dengan konsep seni perang Sun Tzu, terdapat beberapa temuan yang mennunjukkan bahwa loyalitas yang diberikan oleh para kader masih tergolong rendah. Tidak seperti loyalitas yang diberikan prajurit kepada jenderalnya. Masih banyak kader Ipmakab yang lalai dan menganggap sepele instruksi atau perintah dari ketua atau pimpinannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Loyalitas; Organisasi; Seni Perang;
Subjects: Philosopy and Theory
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: Reiki Mihadan
Date Deposited: 13 Apr 2021 06:06
Last Modified: 13 Apr 2021 06:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38262

Actions (login required)

View Item View Item