Pesan dakwah Kitabah melalui media siber : Analisis isi pesan dakwah Rubrik Tausiyah dalam website Okezone.com

Alfiah, Nissa Fitri (2021) Pesan dakwah Kitabah melalui media siber : Analisis isi pesan dakwah Rubrik Tausiyah dalam website Okezone.com. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1 .pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan media memiliki dampak positif dan negatif. Dilihat dari segi positif, media memberikan informasi yang cepat, terkini dan memperluas wawasan. Sedangkan dalam sisi negatifnya terdapat konten kekerasan dan juga rawan akan berita hoax. Dengan ini, memunculkan berbagai macam media, termasuk media siber. Website merupakan salah satu bentuk dari media siber sebagai sarana informasi. Kini telah beragam website yang berada di jaringan internet. Salah satunya website Okezone.com merupakan situs website yang memberikan informasi pada umumnya tetapi memiliki konten bertema muslim. Didalamnya menyajikan berbagai rubrik yang unik seperti rubrik tausiyah. Menyajikan artikel-artikel yang bernuansa tausiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistematika pesan, frekuensi pesan dan kategorisasi pesan yang berada pada setiap artikel pada rubrik tausiyah. Maka untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode analisis isi Holsty. Dan diperkuat dengan teori difusi dan inovasi (saluran komunikasi) Everett M. Rogger. Analisis isi digunakan untuk menganalisis dari media cetak, elektronik, maupun media baru. Analisis ini dipakai untuk mempelajari isi konteks dalam komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi kuantitatif untuk mencari sumber datanya kemudian dikualitatifkan. Bersumber Rubrik Tausiyah, buku, jurnal dan semua yang menunjang penelitian ini. Teknik data yang digunakan ialah studi dokumentasi dan studi Pustaka. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa sistematika pesan dakah pada Rubrik Tausiyah memiliki sistematika baik, karena terdapat 6 artikel yang terdiri dari pengantar, pernyataan, argumen dan kesimpulan. Frekuensi dan kecenderungan pesan pada rubrik terdapat 4 kata dominan secara keseluruhan yaitu kata Allah sebanyak 40 kali, kata Do’a sebanyak 24 kali, kata Ulama sebanyak 19 kali dan Salat sebanyak 17 kali. Pada kategorisasi isi pesan lebih cenderung pada pesan syariah, dengan jumlah artikel 7 artikel persentasenya sebesar 63,6 %. Dan pesan akidah sebanyak 2 artikel sebesar 18, 1%. Juga pesan akhlak terdapat 2 artikel dengan besar 18,1 %. Sedangkan pada kategorisasi bentuk, kecenderungan pesan yang lebih dominan pada pesan bersifat informatif. Pada rubrik Tausiyah, terdapat 5 artikel informatif yang jika dipersentasekan sebesar 45,4 %. Dan pesan persuasif terdapat 3 artikel dengan persentase sebesar 27,2 %. Dan yang terakhir pesan bentuk instruktif dengan 3 artikel sebesar 27, 2%. Dengan demikian yang dominan adalah pesan dakwah syariah dan bentuk informatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah;Kitabah;Media Siber
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nissa Fitri Alfiah
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:03
Last Modified: 26 Mar 2021 02:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38239

Actions (login required)

View Item View Item