Pengaruh sikap tawakal terhadap kecemasan pada ibu hamil: Penelitian terhadap ibu hamil di KP.Pandanwangi RW.14 Desa Cinunuk

Mukminin, Nur'aini Indrawati (2021) Pengaruh sikap tawakal terhadap kecemasan pada ibu hamil: Penelitian terhadap ibu hamil di KP.Pandanwangi RW.14 Desa Cinunuk. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan fisik dan psikis dalam kehamilan membuat berbagai macam perubahan terutama dalam peningkatan kecemasan, hal ini terlihat terutama pada saat trimester tiga kehamilan seperti gelisah, takut, lelah, dan cemas. Seluruh ibu pastilah mengharapkan kehamilan dan melahirkan yang berjalan dengan normal tanpa kenada, namun kerap kali proses penghambaan kepada Allah SWT kurang dalam bertawakkal, padahal dengan bertawakkal banyak sekali energi positif yang akan di dapat seperti mengikisnya kecemasan karena diri merasa ridho akan seluruh takdir yang diberikan oleh Allah SWT. Sikap tawakal merupakan bagian ibadah yang paling utama, karena merupakan akhlak Agung. Dilakukannya sikap tawakal adalah untuk mengokohkan keimanan kepada Allah SWT. Sikap tawakal akan memunculkan rasa percaya kepada Allah, dengan adanya rasa percaya maka manusia akan memiliki rasa nyaman dan tentram dalam hidupnya. Kecemasan adalah respon yang tepat terhadap ancaman, tetapi kecemasan bisa menjadi abnormal bila tingkatannya tidak sesuai dengan proporsi ancaman, atau bila sepertinya datang tanpa ada penyebabnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, populasi yang diambil 55 ibu hamil dengan menentukan sampel penelitian menggunkan rumus Solvin, maka sampel dari penelitian ini sebanyak 35 ibu hamil di Desa Pandanwangi. Nilai pengaruh (regresi) diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,378, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (trust) terhadap variabel terkait (partisipasi) adalah sebesar 37,8%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap tawakal dengan kecemasan ibu hamil. Gambaran sikap tawakal ibu hamil dapat disimpulkan bahwa, ibu hamil memiliki sikap tawakal dalam klasifikasi sedang yaitu 25 orang atau 71%. Kecemasan ibu hamil berada dalam klasifikasi rendah yaitu 16 orang atau 46% dan klasifikasi sedang yaitu 16 orang atau 46%. Serta hasil dari uji hipotesis dengan menggunkan uji regresi menunjukkan bahwa sikap tawakal dan kecemasan ibu hamil menunjukkan bahwa pengaruh variabel bebas (trust) terhadap variabel terkait (partisipasi) adalah sebesar 37,8%. Terdapat pengaruh yang signfikan antara sikap tawakal terhadap kecemasan pada ibu hamil. Kata kunci: sikap tawakal, kecemasan, ibu hamil, kuantitatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sikap tawakal; kecemasan; ibu hamil; kuantitatif;
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Islam > Sufi Orders
Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Nur'aini Indrawati Mukminin
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:01
Last Modified: 27 Mar 2021 08:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38235

Actions (login required)

View Item View Item