Manajemen strategi pondok pesantren dalam meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler santri : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Al Ikhlas Solokan Jeruk Kabupaten Bandung

Satryawan, Muhammad Umar (2020) Manajemen strategi pondok pesantren dalam meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler santri : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Al Ikhlas Solokan Jeruk Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren adalah suatu sistem pendidikan Islam yang sudah lama ada di Indonesia serta menggambarkan ciri khas mewakili kaum tradisionalis yang tetap eksis dalam perjalanan masa hingga saat ini. Sebagian besar pesantren di Jawa Barat memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang menunjang meningkatkan kualitas santri dalam menghadapi problematika di masyarakat. Adapun upaya meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler ini tidak bisa dipisahkan dari manajemen strategi. Pondok Pesantren Al Ikhlas didirikan pada tahun 1983 atas prakarsa KH. Ade Hidayat yang didukung oleh masyarakat Kampung Bendungan Telur. Pada mulanya pesantren ini terdiri dari sebuah mushola dan hanya ada majelis talim dan satu bangunan madrasah tempat mengaji sekaligus tempat santri menginap dengan jumlah santri 50 orang. Tujuan penulis melaksanakan penelitian di Pondok Pesantren Al Ikhlas adalah untuk mengetahui manajemen strategi di Pondok Pesantren Al Ikhlas dalam meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler santri dengan dimulai dari formulasi strategi, implementasi strategi, serta evaluasi strategi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi lapangan, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian sehingga dapat disimpulkan bahwa Pondok Pesantren Al Ikhlas memiliki manajemen strategi yang baik. Pertama, formulasi strategi sudah diterapkan dengan adanya visi, misi, analisis lingkungan, yang kemudian dirangkum kedalam sebuah strategi. Kedua, implementasi strategi terbukti dengan adanya program dan kegiatan yang berdasarkan kebutuhan santri terkhusus dalam kegiatan ekstrakurikuler santri. Ketiga, evaluasi strategi sudah diterapkan melalui dua teknik yakni evaluasi hasil dan evaluasi program. Hal ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler santri sehingga output nya menghasilkan keahlian dan kemampuan santri dalam menghadapi tantangan zaman di masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi; Pondok Pesantren; Ekstrakurikuler
Subjects: Days, Times, Places of Religious Observance
Communities
Customs of People
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhammad Umar Satryawan
Date Deposited: 25 Mar 2021 05:55
Last Modified: 25 Mar 2021 05:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38196

Actions (login required)

View Item View Item