Hubungan implementasi kurikulum 2013 dengan kompetensi guru di Madrasah Aliyah Kecamatan Baleendah : Penelitian di Madrasah Aliyah Mathla'ul Huda dan Madrasah Aliyah Al-Ihsan

Fauziah, Isma (2020) Hubungan implementasi kurikulum 2013 dengan kompetensi guru di Madrasah Aliyah Kecamatan Baleendah : Penelitian di Madrasah Aliyah Mathla'ul Huda dan Madrasah Aliyah Al-Ihsan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses yang penting bagi setiap anak bangsa lewat pembelajaran juga membantu siswa memahami berbagai disiplin ilmu, maka dalam prosesnya dibuat sebuah acuan pembelajaran yaitu kurikulum. Kurikulum di Indonesia telah banyak mengalami perubahan dari tahun 1947 sampai sekarang yaitu kurikulum 2013. Dalam pelaksanaan Pendidikan, guru memiliki peran yang sangat penting. Guru menjadi tulang punggung dalam kegiatan pendidikan terutama dalam proses belajar mengajar. Adanya perubahan-perubahan kurikulum yang terjadi di dalam Pendidikan Indonesia akan berdampak pada kompetensi guru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Mathla’ul Huda dan Madrasah Aliyah Al-Ihsan; 2) tingkat kompetensi guru di Madrasah Aliyah Mathla’ul Huda dan Madrasah Aliyah Al-Ihsan; 3) hubungan implementasi kurikulum 2013 dengan kompetensi guru di Madrasah Aliyah Mathla’ul Huda dan Madrasah Aliyah Al-Ihsan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif dan metode survey. Data penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrument (uji validitas dan reabilitas), uji parsial, uji korelasi (uji normalitas dan linearitas data) dan uji koefesiensi determnasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Implementasi kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Kecamatan Baleendah secara keseluruhan dari hasil capaian responden memperoleh mean sebesar 76,69 dan presentase sebesar 3,21% berada pada kategori sedang yang berada pada rentang interval 2,60- 3,39 atau dapat dikategorikan baik. 2) kompetensi guru dalam pembelajaran memperoleh mean 76,15 dan presentase 3,28%. Nilai tersebut termasuk kualifikasi sedang, karena berada pada rentang inrerval 2,60- 3, 39 atau bisa dikategorikan baik. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara implementasi kurikulum 2013 dengan kompetensi guru dalam pembelajaran di Madrasah Aliyah Kecamatan Baleendah. Ini artinya, semakin baik guru mengimplementasikan kurikulum 2013 maka semakin baik pula kompetensi guru dalam pembelajaran. Adapun kadar hubungan positif antara keduanya adalah sebesar 30,1 %, sedangkan 69.9% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain seperti supervisi pada pendidik dan gaya kepemimpinan kepala sekolah, yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan agar madrasah dapat terus meningkatkan kompetensi guru agar implementasi kurikulum 2013 menjadi lebih baik dan bagi guru direkomendasikan untuk mempertahankan kompetensi yang baik agar tercipta proses belajar mengajar yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum 2013; Kompetensi Guru dalam Pembelajaran;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Curricula
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Isma Fauziah
Date Deposited: 24 Mar 2021 08:01
Last Modified: 24 Mar 2021 08:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38175

Actions (login required)

View Item View Item