Pemberitaan terkait sikap generasi millenial mengenai Covid-19 di media online : Analisis framing pemberitaan pada media online CNNINDONESIA.com, Liputan 6.com, dan Kompas.com

Najihah, Umniatun (2021) Pemberitaan terkait sikap generasi millenial mengenai Covid-19 di media online : Analisis framing pemberitaan pada media online CNNINDONESIA.com, Liputan 6.com, dan Kompas.com. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Wabah virus Corona yang semakin marak dan menjatuhkan banyak korban tentu, menjadikan Media semakin ramai dalam memberitakan berbagai perkembangan terbaru terkait Covid-19 termasuk memberitakan bagaimana sikap generasi millenial dalam menghadapinya. Seluruh masyarakat dunia terus menerus menelan berbagai berita terkait virus ini tanpa hentinya. Media Online atau Daring (Dalam Jaringan) turut mengupdate situasi terkini terkait Covid-19 dari berbagai sudut pandang dengan kecepatan dan kemudahan dalam mengakses berita dimanapun dan kapanpun. Tingginya konsumsi masyarakat terhadap media, memunculkan dampak terpaan media yang menimbulkan berbagai interpretasi pembaca dalam berbagai berita dari sudut pandang yang berbeda. Terpaan media ini pada akhirnya berpengaruh pada pembentukan kepercayaan, sikap, bahkan perilaku masyarakat yang mengkonsumsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Pemberitaan Terkait Sikap Generasi Millenial terhadap Covid-19 di Media Online (CNNIndonesia.com, Liputan 6.com, dan Kompas.com) edisi Maret-April 2020. Mengidentifikasi yang dimaksud adalah bagaimana suatu media online tersebut membingkai atau Framing suatu pemberitaan tersebut. Sehingga dapat mengetahui sisi apa yang ditonjolkan dalam suatu pemberitaan dari tiap berita. Pemilihan teori dalam penelitian ini tentunya harus memiliki relevansi dengan apa yang dibahas dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis framing. Penelitian ini menggunakan rancangan analisis framing model Robert N.Etnman yang pada praktik memahami framing dijalankan oleh media dengan menyeleksi isi tertentu dan mengabaikan isu yang lain: dan menonjolkan aspek dari isu tersebut dengan menggunakan berbagai strategi wancana penempatan yang mencolok, pengulangan, pemakaian grafis yang mendukung dan memperkuat penonjolan. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing Robert N. Entman dengan pendekatan kualitatif. Dimana etnman membagi framing kedalam empat elemen yaitu Define Problem, Diagnose Couses, Make Moral Judgement, dan Treatment Recommendation Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, define problem yakni Generasi milenial disebut sebagai penular Covid-19 terbesar namun memiliki sikap acuh dalam menghentikan wabah ini dengan menjaga jarak dan tidak bepergian (social distancing).Kedua, diagnose cause yaitu sumber penyebaran virus terbesar didominasi oleh generasi milenial. Generasi milenial yang dirasa cenderung enggan melakukan social distancing dengan masih berkumpul dan bepergian, Ketiga make moral judgment dimana pihak influencer memberikan penekanan bahwa kontribusi mereka semata-mata tanpa bayaran dan bukti dedikasi kepada bangsa dalam membantu menaati peraturan yang ada dan menekan lajunya penyebaran Covid-19 terutama di generasi milenial, Keempat treatment recommendations dari tiga media adalah penting bagi berbagai pihak berkolaborasi, bersatu berperan dalam upaya pencegahan penyebaran virus. Media online merupakan ruang public yang dianggap penting sebagai rujukan dalam meningkatkan literasi informasi masyarakat, sehingga pemberitaannya diharapkan agar lebih objektif dan mendidik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing; Generasi Milenial; Media Online; Covid-19
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Umniatun Najihah
Date Deposited: 24 Mar 2021 04:43
Last Modified: 24 Mar 2021 04:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38160

Actions (login required)

View Item View Item