Pengaruh latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi profesionalisme guru di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru

Yulistiani, Indriyanti (2020) Pengaruh latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi profesionalisme guru di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAk)
2_Absta.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu jenjang lembaga pendidikan yang bertanggung jawab menciptakan sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan, keterampilan dan keahlian, sehingga lulusannya mampu mengembangkan kemampuannya apabila terjun ke dunia kerjaSebagai konseptor pendidikan kita harus mempersiapakan SDM yang akan menjadi bagian dari lembaga yang akan kita kelola. Adapun dalam penelitian ini membahas mengenai pegaruh latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi profesionalisme guru, penelitian ini dilakukan di SMK muhammadiyah 2 Cibiru Bandung, Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh latar belakang pendidikan terhadap profesionalisme guru di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru, 2) pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru, 3) pengaruh latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto,dengan pendekatan kuantitatif. subjek penelitian sebanyak 30 guru di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana untuk menjawab pertanyaan penelitian pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk menjawab pertanyaan penelitian ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan siginifikan latar belakang pendidikan terhadap profesionalisme guru di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru sebesar 25.2% dengan nilai signifikansi Fhitung 0,01 < Ftabel 0,05, ; (2) terdapat pengaruh positif dan siginifikan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru dengan koefisien determinasi sebesar 16.1% dengan nilai signifikansi Fhitung 0,04 < Ftabel 0,05; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru sebesar 31.6% dengan nilai signifikansi Fhitung 0,01 < Ftabel 0,05. Dengan demikian, diharapkan tenaga pendidik (guru) di SMK Muhamammadiyah 2 Cibiru dapat mengoptimalkan keprofesionalismenya agar terwujud pembelajar yang efektif dan efisien, dan mampu melahirkan lulusan SMK Muhammadiyah 2 Cibiru yang yang beriman, bertaqwa, berahlaq mulia, cerdas, terampil dan mempunyai etos kerja yang tinggi dalam upaya memenuhi tuntunan dunia kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru; Pengalaman Mengajar Guru; Profesionalisme Guru;
Subjects: General Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indri Yanti Yulistiani
Date Deposited: 24 Mar 2021 05:13
Last Modified: 24 Mar 2021 05:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38155

Actions (login required)

View Item View Item