Pengaruh pelayanan berbasis syariah terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung

Fauzia, Aufaa Nur (2021) Pengaruh pelayanan berbasis syariah terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini masalah kesehatan telah menjadi bagian pokok dalam masyarakat karena pada dasarnya setiap orang membutuhkan kesehatan, maka dari itu semakin meningkat tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan kesehatan. Dengan adanya kesehatan maka setiap manusia dapat menjalankan semua aktivitasnya sebagai khalifah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa di muka bumi. Oleh karena itu, untuk dapat memperoleh hasil yang memuaskan dalam bidang kesehatan, diperlukan adanya pelayanan kesehatan yang optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pelayanan Berbasis Syariah yang diterapkan Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung dan Pengaruh Pelayanan Berbasis Syariah terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, yakni untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pelayanan berbasis syariah terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 37 responden, teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menyebarkan kuesioner dan hasil jawaban dari responden tersebut kemudian di hitung menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian yang di peroleh menunjukkan bahwa pelayanan berbasis syariah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Hal ini dapat di lihat dari item uji hipotesis nilai t hitung yang didapatkan dari penelitian ini yaitu 2,03011, pengujian variabel rabbaniyyah menunjukkan nilai t hitung 4,104 dengan taraf signifikan 0.000, variabel akhlaqiyyah menunjukkan nilai t hitung 7,028 dengan taraf signifikan 0.000, variabel waqi’iyah dengan nilai t hitung 6,666 dan taraf signifikan 0.000 dan variabel insaniyyah dengan nilai hitung 8,754 dan taraf signifikan 0.00. Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel pelayanan dengan prinsip-prinsip syariah berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Berbasis Syariah; Kepuasan Pasien.
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Bisnis Syariah dan Perbankan Syariah
Depositing User: Aufaa Nur Fauzia
Date Deposited: 24 Mar 2021 08:23
Last Modified: 24 Mar 2021 08:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38147

Actions (login required)

View Item View Item