Pengaruh manajemen pendidik terhadap prestasi belajar peserta didik: Penelitian di MTs Ma'arif Cikeruh Jatinangor

Nur Maulida, Julia (2020) Pengaruh manajemen pendidik terhadap prestasi belajar peserta didik: Penelitian di MTs Ma'arif Cikeruh Jatinangor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen pendidik merupakan hal yang penting dalam suatu lembaga pendidikan karena mempengaruhi profesionalitas dan kinerja guru. Guru yang berkualitas akan sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Adapun masalah yang timbul dalam pengelolaan pendidik ialah perekrutan pendidik masih menggunakan sistem kekeluargaan, penempatan pendidik tidak sesuai dengan latar belakang yang dimiliki guru. Oleh karena itu, kepala madrasah harus melaksanakan proses manajemen pendidik dengan maksimal guna meningkatkan prestasi siswa dan mutu pendidikan. Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk mendeskripsikan: (1) manajemen pendidik di MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor, (2) prestasi belajar peserta didik di MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor, (3) apakah ada pengaruh antara manajemen pendidik terhadap prestasi belajar peserta didik di MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif dan metode verifikatif. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrument (validitas dan reliabilitas), uji deskriptif, dan uji inferensial (regresi sederhana, uji- t serta uji hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) manajemen pendidik di MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor berada pada kategori sedang dari hasil penilaian dari 36 responden yaitu sebesar 77 %, (2) prestasi belajar peserta didik berada pada kategori sedang dari hasil penilaian dari 42 responden yaitu sebesar 55 %, (3) serta terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel x (manajemen pendidik) terhadap variabel y (prestasi belajar peserta didik) yang dilihat dari hasil analisis statistik inferensial dengan taraf signifikan 15%, dengan perhitungan t hitung> t tabel yaitu 1,47654 > 1,47281. Kesimpulannya, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan manajemen pendidik terhadap prestasi belajar peserta didik di MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor. Artinya, semakin baik manajemen pendidik maka semakin meningkat prestasi belajar peserta didik. Dengan demikian, direkomendasikan agar manajemen pendidik di MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor dapat ditingkatkan menjadi lebih baik guna meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidik; Prestasi Belajar
Subjects: General Management
General Management > Education, Research of Management
General Management > Personnel Management
Public Performances > Management of Public Performances
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Julia Nur Maulida Hasan
Date Deposited: 23 Mar 2021 02:46
Last Modified: 23 Mar 2021 02:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38109

Actions (login required)

View Item View Item