Hubungan kelengkapan sarana dan prasarana dengan mutu madrasah: Penelitian pada Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kabupaten Bandung terakreditasi A pada Tahun 2019/ 2020

Sunengsih, Sunengsih (2020) Hubungan kelengkapan sarana dan prasarana dengan mutu madrasah: Penelitian pada Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kabupaten Bandung terakreditasi A pada Tahun 2019/ 2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Sarana dan prasarana merupakan segenap proses pengadaan dan pendayagunaan komponen-komponen yang secara langsung maupun tidak langsung menunjang proses pendidikan. Kelengkapan sarana dan prasarana yang ada dalam suatu institusi pendidikan madrasah belum memadai yakni timbulnya praktik yang tidak sesuai dengan program dana bantuan untuk meningkatkan sarana dan prasarana, kasus tersebut membuat seluruh elemen dalam lembaga pendidikan harus mengevaluasi dan memperbaiki kelengkapan sarana dan prasarana yang dilaksanakan, dengan demikian menjadi upaya institusi pendidikan dalam meningkatkan mutu institusi pendidikan yang menjadi harapan semua elemen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sarana dan prasarana, mutu madrasah serta mengetahui hubungan antara kelengkapan sarana dan prasarana dengan mutu madrasah pada Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kabupaten Bandung terkareditasi A Pada Tahun 2019/ 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif, dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 69 sampel kepada warga Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kabupaten Bandung terkareditasi A Pada Tahun 2019/ 2020 dari jumlah populasi 229, dengan menggunakan kuesioner model skala guttman sebagai data primer yang disebar melalui online dengan menggunakan google form. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu teknik sampel dipilih secara acak atau random ketika pada populasi didapati kelompok-kelompok yang nampak seragam namun secara internal tetap berlainan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji korelasi, yaitu prosedur yang bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kedua variabel atau lebih dengan mengumpulkan data dan menginterpretasikannya dari hasil data yang di dapat. Hasil penelitian bahwa adanya hubungan kelengkapan sarana dan prasarana dengan mutu madrasah pada Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kabupaten Bandung Terakreditasi A Pada Tahun 2019/ 2020, dengan diperoleh nilai koefisien sebesar 0,926. Nilai tersebut termasuk korelasi kategori 0,80 – 1,00, yang artinya ada hubungan yang sangat kuat antara kelengkapan sarana dan prasarana dengan mutu madrasah. Signifikansi antara keduanya diperoleh 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disipulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini memberikan arti bahwa ada hubugan positif dan searah antara kelengkapan sarana dan prasarana dengan mutu madrasah pada MTs Swasta di Kabupaten Bandung Terakreditasi A Pada Tahun 2019/ 2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sarana prasarana;mutu;madrasah
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Private Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sunengsih Sunengsih
Date Deposited: 22 Mar 2021 07:49
Last Modified: 22 Mar 2021 07:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38088

Actions (login required)

View Item View Item