Implementasi kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan mutu guru di Madrasah Ibtidaiyah Anwarussalam Padalarang Bandung Barat

Ridwan, Iwan (2021) Implementasi kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan mutu guru di Madrasah Ibtidaiyah Anwarussalam Padalarang Bandung Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy

Abstract

Kompetensi manajerial kepala madrasah merupakan faktor penting dan strategis dalam kerangka peningkatan kualitas dan kemajuan madrasah yang dipimpinnya. Dengan adanya kompetensi manajerial yang dimiliki kepala madrasah dapat meningkatkan mutu guru, dengan guru yang berkualitas dapat menentukan kualitas suatu lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Apa tujuan manajerial kepala Madrasah Ibtidaiyah Anwarussalam dalam peningkatkan mutu guru. (2) Apa program manajerial kepala Madrasah Ibtidaiyah Anwarussalam dalam penigkatan mutu guru. (3) Bagaimana proses implementasi manajerial kepala Madrasah Ibtidaiyah Anwarussalam dalam peningkatan mutu guru. (4) Bagaimana evaluasi dari proses implementasi manajerial kepala madrasah dalam peningkatan mutu guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan mutu guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu metode penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Anwarussalam Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat dengan mengambil informan sebanyak 9 orang yang terdiri dari Kepala Madrasah (sebagai key informant), 1 orang bidang kurikulum, 1 orang bendahara, 5 orang guru kelas, dan ketua komite (sebagai responden) dengan alasan peneliti menganggap bahwa mereka memiliki atau mengetahui informasi yang diperlukan bagi peneliti. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Tujuan manajerial kepala Madrasah Ibtidaiyah Anwarussalam mengarah kepada peningkatan mutu guru. 2). Program dan proses implementasi peningkatan mutu guru di Madrasah Ibtidaiyah Anwarussalam melalui: (1) Pemberdayaan forum guru sebagai fasilitas Sharing keilmuan dan meningkatkan kepercayaan diri guru; (2) Penugasan guru secara bergiliran untuk mengikuti tugas belajar guru sebagai pemenuhan kualifikasi pendidikan guru, seminar, workshop, pelatihan guru, dan sertifikasi guru; (3) Supervisi dan penyediaan sarana prasarana sebagai penunjang pembelajaran. Dan 3). Evaluasi terhadap program dilakukan setiap akhir tahun pelajaran. Penelitian ini menyarankan bagi madrasah dalam penglolaan guru sebaiknya berdasarkan kepada analisis kebutuhan, tidak hanya kepada moral yang dimiliki guru. Karena profesional dan pekerjaan guru dapat dilakukan oleh seorang yang mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan oleh Undang-Undang maupun peraturan pemerintah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Manajerial; Kepala Madrasah; Mutu Guru
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iwan Ridwan
Date Deposited: 22 Mar 2021 07:11
Last Modified: 31 Jan 2022 04:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38081

Actions (login required)

View Item View Item