Strategi guru biologi dalam melaksanakan pembelajaran daring pada masa pandemi covid – 19: Penelitian pada kelas X, XI dan XII MIPA di SMA Negeri Cimanggung Sumedang

Desnaeni, Erianti (2020) Strategi guru biologi dalam melaksanakan pembelajaran daring pada masa pandemi covid – 19: Penelitian pada kelas X, XI dan XII MIPA di SMA Negeri Cimanggung Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan pola pembelajaran karena adanya wabah virus corona (COVID-19) menimbulkan kendala bagi guru. Guru memiliki peran utama dalam kegiatan pembelajaran sehingga memerlukan strategi yang tepat agar pembelajaran daring dapat terlaksana secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyusunan dan keterlaksanaan strategi guru biologi dalam melaksanakan pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk lembar wawancara dan pendekatan kuantitatif untuk lembar angket. Subjek penelitian ini adalah guru biologi dan peserta didik MIPA kelas X MIPA 4, XI MIPA 2 dan XII MIPA 3. Hasil wawancara menunjukan guru biologi menyusun strategi pembelajaran sebelum melakukan pembelajaran daring. Strategi pengorganisasian guru menyusun RPP, materi dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Strategi penyampaian guru menggunakan media pembelajaran yaitu gambar, video pembelajaran (Youtube) dan PPT (power point) serta menggunakan aplikasi pembelajaran yaitu Google Form, Youtube, WhatsApp, Telegram dan Edubox. Strategi penyampaian guru juga menggunakan metode pembelajaran yaitu ceramah, tanya jawab dan diskusi serta menggunakan model pembelajaran yaitu Discovery Learning, Inquiry, LBT (learning by teaching) dan PjBL (project based learning) dengan pendekatan berpusat pada peserta didik. Strategi pengelolaan guru menggunakan penjadwalan, evaluasi pembelajaran pada aspek kogntif berupa Quiz, berkomentar (Youtube), soal (PG dan Essay), merangkum, membuat peta konsep dan aspek psikomotor berupa percobaan sederhana (Eksperimen), mengelola motivasi dengan memberikan apersepsi, stimulus dan motivasi belajar serta melakukan kontrol belajar dengan pengumpulan tugas. Hasil angket menunjukan keterlaksanaan strategi guru biologi dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran biologi memperoleh rata - rata sebesar 3,44 dengan kategori baik. Keterlaksanaan pembelajaran daring juga dilihat dari perhitungan presentase yang menunjukan sebesar 42% cukup, 56% baik dan 2% sangat baik. Dengan kata lain pembelajaran daring terlaksana dengan baik dengan presentase 58%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pembelajaran
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Erianti Desnaeni
Date Deposited: 22 Mar 2021 04:36
Last Modified: 22 Mar 2021 04:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38066

Actions (login required)

View Item View Item