Pengaruh layanan bimbingan karir perspektif Islam terhadap kematangan karir siswa : Penelitian di SMK Negeri 1 Majalaya Jln Idris no. 99 Rancajigang, Sukamukti, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung Jawa Barat 40382

Anggraeni, Fia (2020) Pengaruh layanan bimbingan karir perspektif Islam terhadap kematangan karir siswa : Penelitian di SMK Negeri 1 Majalaya Jln Idris no. 99 Rancajigang, Sukamukti, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung Jawa Barat 40382. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTA ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu tugas perkembangan remaja akhir adalah memilih, merencanakan dan mempersiapkan perencanaan karir di masa depan. Siswa kelas XII SMK Negeri 1 Majalaya yang sudah masuk remaja akhir ini tidak semuanya bisa merencanakan karir di masa depan dengan mudah. Dalam memilih studi lanjut atau pekerjaan setelah selesai sekolah masih ada yang bingung dan belum mempunyai perencanaan yang matang. Hal tersebut berkaitan dengan tingkat kematangan karir setiap siswa yang berbeda. Berbagai program yang ada di SMK Negeri 1 Majalaya menjembatani para siswa untuk mematangkan perencanaan karirnya. Salah satunya adalah dengan adanya layanan bimbingan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empirik mengenai pengaruh dari layanan bimbingan karir perspektif Islam terhadap kematangan karir siswa kelas XII SMK Negeri 1 Majalaya serta proses dari bimbingan karir perspektif Islam. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif untuk mendapatkan data primer dengan menggunakan hasil dari observasi, wawancara tidak terstruktur, angket yang diisi oleh siswa kelas XII dan didukung oleh dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 1 Majalaya. Karena populasi bersifat homogen sampel dalam penelitian ini adalah 25% dari populasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS vrsi 25. Untuk mengetahui pengaruh variabel X (layanan bimbingan karir perspektif Islam) terhadap variabel Y (kematangan karir) dilakukan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif dari layanan bimbingan karir perspektif Islam terhadap kematangan karir siswa kelas XII SMK Negeri 1 Majalaya. Hal ini ditunjukan dengan melihat hasil Pv= 0,000 dengan taraf signifikan 0, 05.maka didapat Pv (0,000) lebih kecil dari α (0,05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh bimbingan karir perspektif Islam terhadap kematangan karir siswa. Koefisien determinasi menunjukan persentase pengaruh bimbingan karir perspektif Islam terhadap kematangan karir sebesar 57,45% dan sisanya 42,55% dipengaruhi oleh variabel lain selain bimbingan karir perspektif Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan;karir;Islam
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Fia Anggraeni
Date Deposited: 23 Mar 2021 02:32
Last Modified: 23 Mar 2021 02:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38060

Actions (login required)

View Item View Item