Retorika ustadz Asep Sudarman (Asep Anom) di Radio Dahlia 101,5 FM Bandung

Anugerah, Shilah Suci (2020) Retorika ustadz Asep Sudarman (Asep Anom) di Radio Dahlia 101,5 FM Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan GUnung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (870kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy

Abstract

Media radio dianggap memiliki kekuatan yang begitu hebat yakni sebagai media imajinasi. Sebab sebagai media yang buta, radio menstimulasikan begitu banyak suara dan berupaya menvisualisasikan ruang penyiar atau informasi terlebih pesan dakwah melalui telinga pendengar. Secara disadari bahwa keberhasilan seorang komunikator, dilihat dari bagaimana dia beretorika dengan pendengarnya. Terlebih, jika komunikator menyampaikan pesan tanpa face to face secara langsung, pasti memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Baik itu dari penceramah tersendiri ataupun visual lainnya. Namun Ustadz Asep Anom membuktikan dengan keberadaannya di Radio Dahlia Fm Bandung. Beliau memiliki beberapa faktor X yang mampu menjaga kestabilan eksistensi dalam jangka waktu yang panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mengetahui retorika dakwah Ustadz Asep Sudarman (Asep Anom) meliputi ethos, pathos, logos, gaya komunikasi dan management kata beliau. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode tersebut digunakan oleh penulis untuk menguraikan secara lengkap dan faktual mengenai fenomena atau kenyataan sosial dengan cara mendeskripsikan yang berkenaan dengan apa yang terkandung dalam objek penelitian ini, yaitu retorika Ustadz Asep Sudarman (Asep Anom). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Ustadz Asep Sudarman memiliki kredibilitas dan kapabilitas yang memenuhi untuk menjadi seorang pendakwah. Melalui retorika beliau mampu mengurai permasalahan – permasalahan yang ada, sehingga ethos, pathos, dan logos beliau sudah tidak diragukan lagi. Sementara gaya beliau dalam berdakwah pun sebagaimana yang diketahui, bahwa sosok Ustadz Asep Sudarman adalah seorang yang humble kepada semua orang. Tidak jarang para jamaah berlomba – lomba untuk melakukan interaksi dan memperdalam keilmuan mereka setelah pesan – pesan yang beliau sampaikan di radio, karena gaya komunikasi friendly, attantive, dan drama yang beliau gunakan membuat pendengar ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa yang beliau sampaikan. Beliau juga mampu memilih dan memilah kata agar dakwah beliau mampu masuk kepada seluruh kalangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Retorika;Radio;Da'i
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Rhetoricand Collections of Literary > Rhetoric of Speech
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Shilah Suci Anugerah
Date Deposited: 25 Mar 2021 03:26
Last Modified: 25 Mar 2021 03:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38020

Actions (login required)

View Item View Item