Pengaruh pembelajaran pai secara daring/online ditengah pandemi covid-19 terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Pangandaran

Sholeh, Fahrizal Nur (2021) Pengaruh pembelajaran pai secara daring/online ditengah pandemi covid-19 terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Pangandaran. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
1_cover.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (741kB) | Preview
[img] Text (5_BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text (8_BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (9_DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Hasil Setudi pendahuluan yang dilakukan, Pembelajaran PAI secara daring/online, di tengah pandemi covid-19, Berdasarkan hasil observasi di lapangan bawasannya di SMP Muhammadiyah telah menggunakan pembelajaran daring/online.guru-guru sudah berusaha berusaha semaksimal mungkin, tetapi murid-murid hasil motivasi belajarnya masih rendah, sehingga penulis tertarik untuk melakukan sebuah penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui pembelajaran secara daring/online di tengah pandemi Covid-19 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Muhammadiyah Pangandaran. 2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa di tengah pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Muhammadiyah Pangandaran. 3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PAI secara daring/online di tengah pandemi Covid-19 terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Pangandaran. Penelitian ini bertolak dari melihat sebuah kebijakan yang mewajibkan terhadap lembaga-lembaga pendidikan yang harus menggunakan pembelajaran daring/online selama pandemi berlangsung, seberapa besar pengaruh/dampak terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif. Responden penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pangandaran, yang berjumlah 28 siswa. Tempat dan waktu penelitian di SMP Muhammadiyah Pangandaran tanggal 26 Desember 2020 s/d 03 Januari 2021. Teknik pengumpulan data melalui googel Forms, setudi dokumentasi, observasi, wawancara dan setudi kepustakaan.Adapun teknik analisis data yaitu analisis parsial dan korelasional. Hasil penelirian ini menunjukkan bahwa : (1) Pembelajaran daring/online memiliki kualifikasi sedang dengan rata-rata 3,31 yang berada pada interval 2,7 – 3,4. (2) Motivasi belajar siswa memiliki kualifikasi sedang dengan rata-rata 2,83 yang berada pada interval 2,7 – 3,4.(3) Pengaruh pembelajaran daring/online terhadap motivasi belajar siswa, menghasilkan angka koefisien korelasi sebesar 0,41, angak tersebut termasuk kategori sedang karena berada pada sekala 0,40 – 0,60. Derajat berpengaruh variabel X terhadap Y yaitu sebesar 16,81%. Artinya masih terdapat faktor lain sebesar 83,19% yang memengaruhi motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring/online ; motivasi belajar siswa
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrizal Nur Sholeh
Date Deposited: 19 Mar 2021 02:03
Last Modified: 19 Mar 2021 02:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37991

Actions (login required)

View Item View Item