Meningkatkan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa melalui penerapan pembelajaran Inkuiri Model Alberta dan Inkuiri: Penelitian quasi eksperimen di kelas VIII SMPN 22 Kota Bandung

Putri, Nandia (2020) Meningkatkan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa melalui penerapan pembelajaran Inkuiri Model Alberta dan Inkuiri: Penelitian quasi eksperimen di kelas VIII SMPN 22 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis dan disposisi siswa adalah menggunakan model pembelajaran diantaranya pembelajaran Inkuiri Model Alberta dan Inkuiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa antara siswa yang menggunakan pembelajaran Inkuiri Model Alberta, Inkuiri dan konvensional, (2) perbedaan pencapaian kemampuan literasi matematis siswa antara siswa yang menggunakan pembelajaran Inkuiri Model Alberta, Inkuiri dan konvensional, dan (3) disposisi siswa terhadap Inkuiri Model Alberta dan Inkuiri. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII dengan pengambilan sample menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga diperoleh sample kelas VIII-4 menggunakan model pembelajaraan Inkuiri Model Alberta, kelas VIII-5 menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan kelas VIII-7 sebagai kelas konvensinal. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan literasi matematis, dan lembar skala sikap disposisi. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan peningkatan terhadap kemampuan literasi matematis siswa antara siswa yang menggunakan pembelajaran Inkuiri Model Alberta, Inkuiri dan konvensional, (2) terdapat perbedaan pencapaian terhadap kemampuan literasi matematis siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri Model Alberta, Inkuiri, dan konvensional, dan (3) disposisi siswa positif terhadap model pembelajaran Inkuiri Model Alberta dan Inkuiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Alberta; Inkuiri; Literasi Matematis; Disposisi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nandia Yunita Putri
Date Deposited: 09 Apr 2021 01:30
Last Modified: 09 Apr 2021 01:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37983

Actions (login required)

View Item View Item