Pengaruh Metode Tasmi’ untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan hafalan Al-Qur’an pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi eksperimen di SMP IT Bina Insan Cendekia Garut Kelas VIII Tahun Pelajaran 2019/2020

Burhanudin, Yusep (2020) Pengaruh Metode Tasmi’ untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan hafalan Al-Qur’an pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi eksperimen di SMP IT Bina Insan Cendekia Garut Kelas VIII Tahun Pelajaran 2019/2020. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (786kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan pada motivasi belajar dan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa yang masih berkategori rendah pada mata pelajaran PAI. Selama ini pendidik telah menggunakan metode konvensional dengan cara ceramah secara maksimal sesuai dengan RPP yang telah dibuat dengan memperhatikan faktor pendukungnya. Akan tetapi, hasil yang diperoleh banyak yang belum mencapai KKM. Dengan demikian, perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran PAI yaitu dengan menggunakan metode Tasmi’. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan Pelaksanaan Metode Tasmi’ dalam mata pelajaran PAI di SMP IT Bina Insan Cendekia Garut. 2) Menganalisis Perbedaan Motivasi Belajar siswa yang menggunakan Metode Tasmi’ dan konvensional dengan cara ceramah kelas VIII SMP IT Insan Cendekia Garut. 3) Menganalisis Perbedaan Kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa yang menggunakan Metode Tasmi’ dan konvensional dengan cara ceramah kelas VIII SMP IT Bina Insan Cendekia Garut.4) Pengaruh Metode Tasmi untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan hafalan Al-Qur’an Siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini berdasarkan pada asumsi yang menyatakan bahwa metode Tasmi menekankan pada kemampuan hafalan peserta didik serta memberikan motivasi belajar pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian eksperimen ini adalah jenis non equivalent (pretest and posttest) control group design yang dilakukan dengan cara tatap muka. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini terdiri atas observasi, angket dan tes. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu uji statistik. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI di kelas eksperimen dengan menggunakan metode Tasmi’ dan kelas Kontrol dengan menggunakan metode konvensional:1) Pelaksanaan Tasmi di SMP IT Bina Insan Cendekia dilaksanakan sesuai dengan RPP yang diterapkan, siswa mendengarkan bacaan Al-Qur’an dan memperdengarkan bacaan kembali kepada temannya serta mengidentifikasi secara bersama hal-hal yang perlu dikoreksi dan dicari pemecahan masalahnya. 2) motivasi belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kontrol terdapat perbedaan peningkatan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 4.47, dan kelas kontrol sebesar 3.92 ada peningkatan motivasi belajar dengan mengunakan metode Tasmi’. 3) Kemampuan Hafalan di kelas sebesar 85.90 sementara di kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional diperoleh hasil 81.15.dengan selisih hasil yang signifikan.4) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan motode tasmi terhadap motivasi belajar dan kemampuan hafalan Al-Qur’an dengan metode anova two ways dengan signifikansi 0,00 hal ini menunjukan adanya pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dan kemampuan hafalan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Tasmi; Motivasi Belajar; Hafalan Al-Qur'an:
Subjects: Education > Statistic of Education
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Education and Research of History
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yusep Burhanudin
Date Deposited: 18 Mar 2021 08:50
Last Modified: 20 Jan 2022 02:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37966

Actions (login required)

View Item View Item